Bola Internasional

Jelang Piala Dunia 2022, Harry Kane Soroti Kebobrokan Qatar Sebagai Tuan Rumah

Sabtu, 26 Maret 2022 16:58 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© BBC
Harry Kane menyampaikan kritikan keras terhadap Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Copyright: © BBC
Harry Kane menyampaikan kritikan keras terhadap Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Bintang Timnas Inggris yakni Harry Kane menyampaikan kritikan keras terhadap Qatar yang ditunjuk sebagai tuan rumah ajang sepak bola bergengsi Piala Dunia 2022.

Pasalnya, negara timur tengah tersebut dianggapnya telah abai dengan sederet isu pelanggaran hak asasi manusia yang telah disoroti publik dunia beberapa tahun terakhir.

Qatar secara kontroversial ditunjuk sebagai pihak penyelenggara Piala Dunia 2022, di tengah masifnya terpaan isu pelanggaran hak asasi manusia yang menimpa negara mereka.

Sejumlah laporan menyebutkan, para pekerja yang membangun stadion tempat perhelatan Piala Dunia 2022 telah mengalami eksploitasi. Bahkan tercatat ada lebih dari 6.500 orang pekerja yang meninggal dunia.

Sementara itu isu lain menyebutkan, kebijakan pemerintah setempat telah melarang kaum LGBT untuk masuk ke Qatar. Hal ini tentu menjadi perhatian bagi Harry Kane dkk yang menuntut adanya kesetaraan.

Isu pelanggaran HAM di Qatar semakin diperparah dengan adanya beberapa berita yang menyebutkan bahwa telah terjadi diskriminasi yang dilakukan terhadap perempuan di sana.

Kane mengkonfirmasi bahwa manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate telah mengadakan sebuah pertemuan internal tim pada Selasa (22/03/22). Dalam pertemuan tesebut, isu pelanggaran HAM di Qatar turut menjadi pembahasan pokok.