Liga Indonesia

Kongres Usai, Ketum PSSI Sumut Kembali Dinakhodai Petahana

Sabtu, 26 Maret 2022 14:25 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Juni Adi
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT.COM
Kodrat Shah, kembali menjadi nakhoda alias Ketua Umum (Ketum) Asprov PSSI Sumatra Utara (Sumut) untuk periode 2022-2026. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT.COM
Kodrat Shah, kembali menjadi nakhoda alias Ketua Umum (Ketum) Asprov PSSI Sumatra Utara (Sumut) untuk periode 2022-2026.

INDOSPORT.COM - Kodrat Shah, kembali menjadi nakhoda alias Ketua Umum (Ketum) Asprov PSSI Sumatra Utara (Sumut) untuk periode 2022-2026.

Sang petahana terpilih kembali usai mengalahkan pesaingnya dalam Kongres Biasa Pemilihan Asprov PSSI Sumut 2022 di salah satu hotel di Medan, Jumat (25/4/22).

Dalam agenda pemilihan Ketum, Wakil Ketum dan Anggota Ekskutif (Exco), Kodrat unggul dengan jumlah suara 34 dari total 51 voter.

Seyogyanya ada 52 voter yang telah ditetapkan memiliki hak suara. Namun dalam kongres ini hanya satu voter yang tak hadir yakni dari Karo United, klub Liga 3 yang baru promosi ke Liga 2 musim ini.

Ia unggul dua kali lipat dari pesaingnya, Mulyadi Simatupang (eks manajer PSMS Medan era Liga 2, yang hanya meraup 17 suara.

Usai terpilih, Kodrat mengajak semua pihak, termasuk masih bersebrangan saat pemilihan, untuk bersama-sama memajukan sepak bola di Sumut.

"Ke depan sama-sama kita besarkan sepak bola di Sumatra Utara. Semua harus komunikasi. Bukan kepada yang lain, harus sampai ke saya. Agar tidak ada lagi hal-hal yang ditutup-tutupi, apa hambatan, apa masalahnya," ujarnya.

Seyogyanya, ada empat calon ketum. Selain Kodrat dan Mulyadi, ada nama Benny Tomasoa (eks manajer PSMS era ISL) dan Arya Mahendra Sinulingga (staf khusus Kementerian BUMN).

Namun Benny Tomasoa memilih mundur jelang 'pencoblosan' pemilihan ketum demi fokus bertarung memperebutkan kuris wakil ketum.

Sementara Arya Sinulingga tidak hadir di arena kongres, karena sebelumnya ia memutuskan mundur jadi calon ketum beberapa jam sebelum kongres di mulai melalui media sosial.