Liga Indonesia

Pengamat: Jika Barcelona Punya Pedri, Persebaya Punya Marselino Ferdinan

Minggu, 27 Maret 2022 11:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi gelandang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi gelandang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan

INDOSPORT.COM - Komentator dan pengamat sepak bola, Bung Binder Singh, menganggap wonderkid Persebaya di Liga 1, Marselino Ferdinan setara pemain Eropa.

Sebagaimana diketahui, kompetisi Liga 1 2021-2022 hampir rampung. Skuat Persebaya Surabaya tetap konsisten di papan atas, walau gagal dalam perebutan titel juara.

Menurut Binder Singh, pencapaian ini tak lepas dari sosok pelatih lokal, Aji Santoso, yang kaya akan strategi, dan menerapkan filosofi bermain tiki-taka seperti Barcelona.

"Kalau saya melihat permainan Persebaya musim ini, saya teringat tim Barcelona yang ketika itu dilatih oleh Pep Guardiola, dengan permainan tiki-taka mereka," ucap Binder.

"Tiki-taka berarti satu-dua kali passing, sudah bisa membuka pertahanan lawan, menciptakan peluang dan mencetak gol, itulah yang dilakukan Persebaya musim ini," cetusnya.

Kemudian, Binder Singh juga memuji gelandang muda dari Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan yang tampil apik di Liga 1, dan diakui setara dengan pemain Eropa.

"Wonderkidnya Marselino Ferdinan. Dia tidak bermain pun, Persebaya tetap bagus. Tapi jika dia main, akan lebih hebat lagi," lanjut Bung Binder.

Bahkan, Bung Binder tak ragu untuk membandingkan Marselino dengan pemain muda potensial Barcelona, Pedri Gonzalez Lopez.

"Pemain ini sulit dikawal, dia punya visi permainan yang jelas. Jika Xavi punya Pedri di Barcelona, Aji Santoso punya Marselino Ferdinan," pungkasnya.

Pedri sendiri merupakan gelandang berusia 19 tahun yang membela Barcelona, sedang Marselino Ferdinan ialah gelandang 17 tahun yang kini berkostum Persebaya.