In-depth

Super Agen Muly Munial: Siapa yang Siap Main di Real Madrid, Kita Berangkat!

Selasa, 29 Maret 2022 15:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Dokumen Muly Munial
Agen evan Dimas Muly Munial bersama Presiden Arema. Foto: Dokumen Muly Munial Copyright: © Dokumen Muly Munial
Agen evan Dimas Muly Munial bersama Presiden Arema. Foto: Dokumen Muly Munial

INDOSPORT.COM - Super agen Muly Munial, menantang pesepak bola di Tanah Air. Siapa yang siap bermain di Real Madrid, maka Muly akan membantunya ke Spanyol.

Sebagaimana diketahui, Muly Munial adalah salah satu agen pemain sepak bola yang cukup punya nama di Tanah Air. Ia juga founder dari Munial Sport Group (MSG).

Profesi ini cukup jarang ditekuni, padahal seorang agen sepak bola memiliki peran sangat penting dalam industri olahraga.

"Seorang agen tugasnya ialah membimbing karier pemain, bagaimana membuat kontrak yang tepat, mencari klub yang tepat," jelas Muly Munial dalam Youtube Capt Hamka.

"Tapi karena situasi sepak bola di Indonesia belum kondusif, saya juga menyediakan training, ada yang saya bantu soal nutrisi, kadang soal sepatu aja mereka ini susah," cetusnya.

Dalam skala besar, seorang agen seperti Muly Munial juga membantu pemain bola untuk melebarkan sayap ke luar negeri.

Sayangnya, banyak yang meremehkan pemain Indonesia untuk bisa berkarier di tim luar negeri. Bahkan, sebagian besar menolak untuk ikut trial terlebih dahulu.

"Kalau bisa, saya beri tantangan ke pemain, kalau mereka sanggup, saya akan bawa mereka ke luar negeri, trial dulu," ucap Muly Munial pada pesepak bola senior Hamka Hamzah.

"Kadang ada yang komentar, kenapa trial terus. Saya jawab, memang kita ini siapa, pemain luar negeri aja pasti trial dulu main di negara mereka sendiri," ungkap Muly.

"Mereka nggak sadar orang-orang Korea Selatan sendiri di sana banyak yang ikut trial juga, kenapa kita merasa kalau diri kita harus dipanggil," jelas pria berkacamata itu.