Liga Indonesia

DKI Jakarta Nyaris Sapu Bersih Trofi Piala Soeratin, Akankah Dilirik oleh Birokrat?

Rabu, 30 Maret 2022 13:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Da'Yerimon/Indosport.com
DKI Jakarta mendominasi Piala Soeratin, dua klub juara dan satu jadi runner-up. Namun, akankah prestasi klub-klub tersebut dilirik para birokrat di ibu kota?Foto: Da'Yerimon/Indosport.com Copyright: © Da'Yerimon/Indosport.com
DKI Jakarta mendominasi Piala Soeratin, dua klub juara dan satu jadi runner-up. Namun, akankah prestasi klub-klub tersebut dilirik para birokrat di ibu kota?Foto: Da'Yerimon/Indosport.com

INDOSPORT.COM – DKI Jakarta mendominasi Piala Soeratin, dengan dua klub menjadi juara (kategori U-13, U-15) dan satu runner-up (U-17). Namun, akankah prestasi klub-klub tersebut menarik perhatian para birokrat di ibu kota?

Diketahui, tiga klub asal DKI Jakarta baru saja meraih hasil yang membanggakan di ajang Piala Soeratin setelah mereka mencapai final dalam dalam tiga kelompok usia berbeda pekan ini.

Piala Soeratin sendiri merupakan sebuah kompetisi sepak bola di Indonesia yang diperuntukkan bagi pemain sepak bola yang berusia 18 tahun ke bawah.

Nama Soeratin diambil dari nama depan mantan Ketua Umum PSSI yang pertama, yakni Soegono Sosrosoegono untuk mengenang jasa beliau merintis dan membangun sepak bola di tanah air.

Pada 2022, terdapat tiga kategori kelompok usia (KU) yang dipertandingkan yakni U-13, U-15, dan U-17. Jakarta sendiri berhasil meloloskan tiga timnya di final seluruh kategori tersebut.

Dimulai dari kelompok U-13, SSB Asiana Soccer School memastikan sebagai juara di putaran nasional Piala Soeratin musim ini.

Klub yang didirikan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, itu tercatat meraih kemenangan sempurna sejak babak penyisihan hingga grand final.

Total, Asiana keluar sebagai yang terbaik di Piala Soeratin U-13 DKI dengan perolehan tujuh kemenangan dan membukukan 21 gol serta hanya tiga kali kebobolan.

Kemudian pada kelompok U-13, tim ibu kota lainnya ASIOP FC juga memastikan keluar sebagai juara usai mengalahkan wakil Sumatra Utara, PSSA Asahan, dalam laga final putaran nasional, Selasa (29/3/22).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Benteng, Tangerang, tersebut ASIOP FC mengubur mimpi juara PSSA lewat drama adu penalti setelah skor kacamata 0-0 diraih di waktu normal.

Di babak adu penalti, ASIOP FC berhasil menang 3-2 atas PSSA Asahan. Klub yang identik dengan warna merah-biru ini keluar sebagai kampiun Piala Soeratin U-15 2021.

Sayangnya, hasil membanggakan kedua tim remaja ibu kota tersebut tak dialami ‘kakaknya’, alias PSJS Jakarta Selatan U-17 yang juga mencapai final kompetisi.

Klub sepupu Persija Jakarta tersebut batal membawa pulang trofi juara ke ibu ota lantaran harus mengaku keunggulan jawara Jawa Timur, Bhayangkara FC, di final.

PSJS menyerah tiga gol tanpa balas dalam pertandingan final putaran nasional Piala Soeratin U-17 yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (28/3/22).