Bola Internasional

Rusia Berniat Pindah Ke AFC, Indonesia Makin Ketar-Ketir di Level Asia

Rabu, 30 Maret 2022 21:55 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
© ATTILA KISBENEDEK/AFP via Getty Images
Pemain Timnas Rusia, Artem Dzyuba. Copyright: © ATTILA KISBENEDEK/AFP via Getty Images
Pemain Timnas Rusia, Artem Dzyuba.

INDOSPORT.COM –  Federasi sepak bola Rusia dikabarkan berniat hengkang dari Federasi Sepak bola Eropa (UEFA) ke Federasi Sepak bola Asia (AFC) akibat Invasi ke Ukraina.

Federasi Sepak bola Rusia (RFS) dikabarkan mengambil langkah usai sanksi yang diberikan kepada timnas Rusia akibat invasi ke Ukraina.

Seperti diketahui, Rusia dilarang berlaga di beberapa ajang bergengsi Eropa selepas Presiden Vladimir Putin melakukan serangan brutal ke Ukraina pada Februari lalu.

Liga Primer Rusia bahkan tidak dapat mengirimkan wakilnya ke kompetisi Eropa, seperti Liga Champions, Liga Europa, dan UEFA Conference League.

Selain itu, salah satu tim papan atas Liga Rusia, Spartak Moskow, ditendang dari babak 16 besar Liga Europa beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, timnas Rusia tak dapat melanjutkan langkah di babak play-off pot B Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa yang kemudian meloloskan Polandia.

Pun dengan tim nasional sepak bola putri Rusia yang tak dapat berlaga di Piala Eropa pada musim panas 2022 nanti.

Melihat kesulitan ini, dilansir Daily Mail, sebuah laporan dari Rusia menyebut bahwa RFS ingin berganti federasi dari mulanya bergabung ke Eropa atau UEFA menjadi federasi Asia, atau AFC.

Hal ini kemudian menjadi pro kontra di sepak bola Rusia usai mengemukanya kabar ini. Jika kejadian, mereka akan turun di kualifikasi zona Asia, untuk Piala Dunia dan berkompetisi di Piala Asia menggantikan Piala Eropa.