Liga Indonesia

Legenda Timnas Ungkap Penyebab Utama Degradasinya Persipura dari Liga 1

Sabtu, 2 April 2022 13:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Persipura Jayapura resmi degradasi ke Liga 2 musim depan, legenda timnas pun buka suara. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Persipura Jayapura resmi degradasi ke Liga 2 musim depan, legenda timnas pun buka suara.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura resmi degradasi ke Liga 2 musim depan. Tim Mutiara Hitam hanya tempati urutan ke-16 klasemen akhir Liga 1 2021/22.

Persipura Jayapura kalah head-to-head dari Barito Putera, meski kedua tim punya poin akhir yang sama yakni 36 poin dari 34 laga Liga 1 2021.

Tim asal Papua dua kali kalah dengan skor 3-0 dan 1-0, dalam dua pertemuan dengan Laskar Antasari musim ini. 

Hasil buruk tersebut pun ditanggapi oleh legenda Persipura, Eduard Ivakdalam. Dia menilai inkonsisten jadi penyebab tim Merah Hitam turun kasta.

Pergantian pelatih dari Jacksen Tiago ke Alfredo Vera turut berpengaruh. Hal itu membuat Persipura telat panas dan tertinggal dari tim pesaing lain di Liga 1 2021.

"Tim ini dari awal tidak konsisten. Kami ada pergantian pelatih di tengah jalan dari Jacksen ke Alfredo," buka Eduard Ivakdalam

Meski Alfredo Vera bukan orang baru di Persipura, adaptasi tidak lantas berjalan lancar. Apalagi banyak pemain muda yang belum punya pengalaman matang di kompetisi. 

"Kami terlalu lama berada di zona degradasi. Perpindahan dari Jacksen ke Alfredo harusnya transisi lebih cepat,  apalagi Alfredo bukan orang baru di Persipura, tapi dengan kekalahan-kekalahan yang didapat bikin mental down," tutur Eduard. 

"Kemudian Alfredo datang, diharapkan untuk bisa membangkitkan mental mereka, tetapi tim-tim di atas juga terus meningkat sehingga sulit untuk mengejar," lanjutnya.