In-depth

Pernah Raih Predikat Muslim Teladan dan Rajin Puasa, Apa Kabar Ibrahim Afellay?

Minggu, 3 April 2022 22:16 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Instagram@ibrahimafellay
Ibrahim Afellay, mantan pesepak bola yang dulu pernah jadi muslim teladan di Belanda. Foto: Instagram@ibrahimafellay. Copyright: © Instagram@ibrahimafellay
Ibrahim Afellay, mantan pesepak bola yang dulu pernah jadi muslim teladan di Belanda. Foto: Instagram@ibrahimafellay.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Ibrahim Afellay, mantan pemain Barcelona dan PSV Eindhoven yang pernah disebut-sebut sebagai muslim teladan di Belanda?

Ibrahim Afellay selama ini memang dikenal sebagai salah satu pesepak bola muslim yang layak menjadi contoh. Karena hal inilah ia sampai diganjar predikat muslim teladan di Belanda beberapa tahun lalu.

Adalah sebuah media Belanda bernama Wij Blijven Hier yang memberi predikat tersebut kepada Ibrahim Afellay. yang saat itu masih berusia 19 tahun.

Saat periode tersebut, ia sedang tercatat sebagai pemain PSV Eindhoven, klub yang telah dibelanya sejak usia 10 tahun.

Sebagai salah satu talenta muda sepak bola Belanda kala itu, tentu saja segala seluk beluk dan sepak terjang Ibrahim Afellay tidak mudah luput dari perhatian, termasuk kehidupan beragamanya yang dinilai positif hingga layak diganjar penghargaan.

Alhasil, pada tahun 2005, ia memenangkan suara terbanyak dari pengunjung laman wijblijvenhier.nl, yang kemudian menjadikannya Muslim of the Year untuk tahun 2005.

Ia pun mengandaskan sejumlah pesaing di daftar nominasi termasuk komedian Najib Amhali sampai tokoh ulama.

“Saya tidak percaya. Ada banyak orang yang lebih aktif dan lebih baik dari saya, ketika saya hanya sibuk dengan pekerjaan saya,” ucapnya seperti pernah dimuat di laman trouw.nl pada Januari 2006 silam.

Menjadi pesepak bola tentu sebuah jalan dakwah yang bisa dilakukan Ibrahim Afellay, tidak berbeda jauh dengan apa yang dilakukan Mohamed Salah dan pesepak bola muslim lainnya di dunia.

Mereka membawa berbagai macam kebaikan, berkontribusi, serta menginspirasi masyarakat dan orang-orang sekitar.