In-depth

Pemain Terbaik Liga 1 Selalu Digondol Asing, Ke Mana Para Bumiputra?

Senin, 4 April 2022 21:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© officialpersebaya
Taisei Marukawa berhasil membobol gawang Persita menit ke-3 Copyright: © officialpersebaya
Taisei Marukawa berhasil membobol gawang Persita menit ke-3

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 1 2021-2022 baru saja usai. Titel pemain terbaik lagi-lagi digondol oleh pemain asing, Taisei Marukawa. Lantas, kemana para Bumiputra?

Sebagaimana diketahui, seteleh kompetisi Liga 1 berakhir, ada penobatan pemain terbaik, pemain muda terbaik, top skor, tim paling fairplay, dan lain-lain.

Pada ajang BRI Liga 1 2021-22, titel pemain terbaik diberikan kepada Taisei Marukawa, gelandang muda berpaspor Jepang yang memperkuat kubu Persebaya Surabaya.

Tak hanya sekadar membawa Persebaya finis di peringkat kelima klasemen akhir, Taisei juga menjadi top skorer di skuat Bajul Ijo dengan koleksi 17 gol dan juga 10 assist.

Taisei mungkin memang layak dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga 1. Meski begitu, apakah para pemain Indonesia tidak layak untuk mendapatkan penghargaan serupa?

Pasalnya, jika melihat tren beberapa tahun terakhir, titel pemain terbaik Liga Indonesia selalu jatuh ke tangan para pemain asing.

Padahal, beberapa tahun lalu, pemain Indonesia bisa menyabet penghargaan pemain terbaik, walau pemain asing juga telah unjuk gigi di kompetisi kasta tertinggi.

Menilik era Liga 1, tepatnya 2017 lalu, gelar pemain terbaik diberikan kepada Paulo Sergio (Portugal) dari Bhayangkara FC.

Kemudian, Liga 1 2018 menjadi milik Rohit Chand (Nepal) dari Persija Jakarta, hingga edisi Liga 1 2019 disabet oleh Renan Silva (Brasil), penggawa andalan Borneo FC.