Liga Champions

Kelewat Jenius, Pep Guardiola Masukkan Anak Gawang dalam Taktiknya

Jumat, 8 April 2022 16:55 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Phil Noble
Pep Guardiola saat di laga Liga Champions Manchester City vs Ateltico Madrid. Foto: REUTERS/Phil Noble. Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Pep Guardiola saat di laga Liga Champions Manchester City vs Ateltico Madrid. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Pep Guardiola merupakan salah satu pelatih tersukses dan terjenius sepanjang masa. Kemahirannya dalam meramu sebuah taktik tak perlu diragukan lagi.

Berbagai gelar prestisius telah ia menangi bersama beberapa tim lintas Eropa. Kariernya juga tak pernah redup meskipun ia merantau keluar Spanyol.

Saking jeniusnya, Pep Guardiola sampai menggunakan faktor nontaktikal. Ia menggunakan anak gawang ke dalam strateginya saat Manchester City menekuk Atletico Madrid.

Dilansir dari The Athletic, pelatih Spanyol itu bertemu staf akademi dan mendiskusikan mengenai rencananya yang akan menggunakan jasa anak gawang.

Pep menginstruksikan agar anak gawang memberikan bola dengan cepat kepada pemain Los Rojiblancos. Hal tersebut sebagai antisipasi jika Atletico Madrid menggunakan strategi negative football-nya.

Anak gawang Manchester City memang diambil dari akademi U-12 dan U-14, yang memang sudah diberi tahu supaya berkonsentrasi penuh ketika menghadapi Atletico Madrid.

Pep juga mengirim video pendek yang ditujukan kepada para anak gawang yang akan bertugas. Dalam video itu ia menjelaskan bahwa mereka adalah bagian dari strategi untuk menghadapi pasukan Diego Simeone.

Instruksi itu pun benar dijalankan oleh para anak gawang, mereka  terlihat berlari kencang saat bola keluar. Namun semuanya berubah saat Manchester City sudah unggul.

Menurut sumber yang berasal dari akademi, beberapa anak gawang yang bertugas berkelakar bahwa ia tak pernah seserius ini di pertandingan sebelumnya.

Keseriusan itu pun membuahkan hasil yang positif, Manchester City mampu memanangi pertandingan tersebut atas sinergi dari Pep dan para anak gawang.