Bola Internasional

Bima Sakti Gantikan Shin Tae-yong Besut Timnas Indonesia di Turnamen Toulon

Rabu, 20 April 2022 13:30 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Timnas Indonesia U-19 dipastikan tidak akan didampingi oleh Shin Tae-yong dalam turnament Toulon di Prancis pada bulan Mei nanti. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia U-19 dipastikan tidak akan didampingi oleh Shin Tae-yong dalam turnament Toulon di Prancis pada bulan Mei nanti. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 dipastikan tidak akan didampingi oleh Shin Tae-yong dalam turnament Toulon di Prancis pada bulan Mei nanti.

PSSI menunjuk pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti untuk menggantikan Shin Tae-yong di turnamen tersebut.

Bukan tanpa alasan PSSI tidak mengirim Shin Tae-yong mendampingi Timnas Indonesia U-19. Sebab PSSI ingin Shin Tae-yong fokus bersama tim senior yang akan menjalani Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang.

Tapi meski begitu, Shin Tae-yong tidak melepas begitu saja. Dia akan menugaskan satu staffnya untuk mendampingi Bima Sakti pada event tersebut.

"Kemarin kami sudah putuskan bahwa pelatih Timnas U-16 Bima Sakti dan teman-teman plus pelatih yang diutus oleh coach Shin Tae-yong satu orang menangani Timnas U-19 untuk event Toulon Tournament,"kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Indra menambahkan bahwa PSSI kesulitan membagi waktu Shin Tae-yong. Terlebih banyak event yang tadinya sidah diatur mengalami penundaan karena pandemi Covid-19.

Alhasil ketika semua kembali berjalan banyak event yang jadwalnya bentrok satu sama lainnya.

"Memang kami kesulitan untuk membagi waktu karena ada event-event yang sebenarnya kalendernya bisa teratur, tapi karena ada pandemi, ada kalender-kalender yang ditunda dan pelaksanaannya akhirnya bentrok," jelas Indra Sjafri.

Toulon Tournament akan berlangsung di Prancis pada 19 Mei hingga 12 Juni mendatang. Timnas Indonesia U-19 akan berangkat ke Prancis pada 26 Mei 2022.

Kejuaraan itu diikuti oleh 12 tim dari berbagai negara yang diperbolehkan mengirim tim dari kategori usia 17 hingga 23 tahun. Ke-12 tim dibagi ke dalam tiga grup. Timnas Indonesia U-19 berada di Grup B bersama Ghana, Meksiko, dan Venezuela.