Liga Indonesia

Nostalgia, Pelatih Persib Melancong ke Markas Ajax bareng Teman Lama

Jumat, 22 April 2022 21:43 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Robert Rene Alberts menghabiskan libur usai mendampingi Persib Bandung di Liga 1 dengan pulang ke Belanda dan menyambangi markas Ajax Amsterdam. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Robert Rene Alberts menghabiskan libur usai mendampingi Persib Bandung di Liga 1 dengan pulang ke Belanda dan menyambangi markas Ajax Amsterdam. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menghabiskan masa liburannya untuk pulang kampung ke Belanda.

Di sana ia menyempatkan diri untuk berkunjung ke Ajax yang merupakan klub kota tempatnya berasal, Amsterdam.

Ajax adalah tempat di mana Robert Alberts mengenal sepak bola sehingga tentunya menyimpan banyak kenanangan masa muda.

Tidak lupa, juru taktik berusia 67 tahun itu juga bereuni dengan teman-temannya sambil melakukan santap siang bersama.

Salah satu teman Robert Rene Alberts yang masih berada di bawah payung Ajax adalah Simon Tahamata, pelatih teknik untuk akademi De Godenzonen.

Perlu diketahui, Tahamata dulunya adalah pemain hebat di era 1975-1990. Kariernya dimulai bersama Ajax Amsterdam kemudian juga sempat membela Standard Liege dan Feyenoord Rotterdam.

Simon Tahamata yang berposisi sebagai sayap kiri tersebut bahkan sempat mengumpulkan 22 caps dan dua gol bersam tim nasional Belanda meski tidak pernah tampil di ajang seperti Piala Dunia ataupun Piala Eropa.

Tahamata cukup beruntung masih bisa memperkuat De Oranje di masa itu karena pemain-pemain top macam Ruud Gullit, Frank Rijkaard, dan Marco van Basten sedang beredar.

Uniknya lagi, Tahamata masih punya darah Indonesia yang kental. Namanya menunjukkan jika ia adalah keturunan orang Maluku yang menetap di Belanda.