In-depth

Mengingat Skuat 'Mantul' ala Rafael Benitez di Liverpool, Apa Kabar Mereka?

Minggu, 24 April 2022 23:48 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Robbie Jay Barratt/GettyImages
Rafael Benitez pernah sukses bersama klub Liga Inggris, Liverpool. Foto: Robbie Jay Barratt/GettyImages. Copyright: © Robbie Jay Barratt/GettyImages
Rafael Benitez pernah sukses bersama klub Liga Inggris, Liverpool. Foto: Robbie Jay Barratt/GettyImages.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, pernah punya skuat hebat yang ditangani oleh pelatih asal Spanyol, Rafael Benitez.

Selama ditangani olehnya, Liverpool berhasil memenangkan empat gelar termasuk Liga Champions 2004-2005 yang dimenangkan dengan dramatis di Istanbul, Turki.

Masa bakti Rafael Benitez di Liverpool sendiri berakhir pada musim 2019-2010, ditutup dengan hasil imbang 0-0 melawan Hull City.

Ia pergi setelah gagal membawa The Reds finis di peringkat atas klasemen akhir Liga Inggris. Pada saat itu mereka menutup musim dengan bertengger di urutan ketujuh, yang mana cukup mengecewakan.

Namun selama menukangi The Reds, pria yang juga akrab disapa Rafa tersebut memang membawa atamosfer unik berkat skuat ‘spaniard’ racikannya.

Bagaimanapun juga, ia sudah dilabeli banyak orang sebagai salah satu manajer tersukses Liverpool sepanjang masa.

Setelah hengkang dari Liverpool tanpa gelar Liga Inggris, Rafa sempat membesut sejumlah klub Eropa seperti Inter Milan, Real Madrid, Napoli, dan Newcastle United.

Bahkan, beberapa waktu lalu ia sampai menggegerkan publik Merseyside karena menerima pinangan rival satu kota Liverpool, Everton.

Untungnya, sepertinya masih ada cinta yang tersisa dari pendukung The Reds sehingga huru-hara itu tidak berlangsung berlarut-larut.

Pada Januari 2022 lalu, Rafa dicopot dari jabatan manajer Everton lantaran prestasi The Toffees yang amburadul, termasuk berada papan bawah klasemen Liga Inggris dan terancam terdegradasi.