Liga Indonesia

4 Dampak Positif Suporter Liga 1 Dapat Kembali Masuk ke Stadion

Minggu, 1 Mei 2022 22:10 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Prio Hari Kristanto
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Kabar baik datang dari operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang berencana membuka pintu stadion pada musim kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Kabar baik datang dari operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang berencana membuka pintu stadion pada musim kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Kabar baik datang dari operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB). Mereka berencana membuka pintu stadion pada musim kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Rencananya pada gelaran liga mendatang stadion akan dapat terisi dengan 100 persen kapasitas penonton. Sementara sistem kompetisi akan kembali menggunakan aturan laga kandang dan tandang.

Hal tersebut patut disyukuri mengingat hampir selama dua tahun terakhir sepak bola Tanah Air seperti 'sayur tanpa garam'. Ketidakhadiran suporter yang biasanya memadati stadion di tengarai sebagai alasan utama.

Dengan adanya rencana ini, setiap klub Liga 1 musim depan dipaksa berbenah dan sekali lagi belajar mengelola sepak bola dengan lebih baik. Terutama bagi pihak panitia pertandingan lokal stadion.

Meski baru sebatas wacana, namun nantinya ada beberapa syarat khusus yang wajib dilaksanakan panpel pertandingan lokal maupun penonton yang berniat datang langsung ke stadion.

Selain itu, kompetisi yang akan datang direncanakan akan berakhir sebelum memasuki bulan puasa. Tak ketinggalan pihak PSSI melakui LIB mengklaim telah melakukan koordinasi dengan pemerintah.

"Kalau sesuai jadwal, kami berharap Liga 1 sudah selesai sebelum  bulan puasa, Maret 2023. Kami mengusulkan kepada Pemerintah agar dapat disaksikan 100 persen penonton," ungkap Dirut PT LIB dilansir dari Tempo.

Kendati demikian beluma ada aturan lebih lanjut yang mengatur mengenai suporter tandang. Alur penjualan tiket pun belum benar-benar diputuskan, namun ada kabar bahwa PT LIB akan membuat aplikasi khusus.

Akan tetapi, tetap saja wacana stadion dengan suporter merupakan angin segar. Telah lama dinantikan oleh banyak pihak, tak hanya klub, suporter ada juga pihak lain yang juga menunggu, seperti pedagang makanan dan minuman.

Oleh karena itu, Liga 1 musim depan memang layak dinanti. Kedatangan suporter tentu akan memberi dampak positif. Berikut 4 hal baik yang telah INDOSPORT rangkum, ketika nantinya stadion kembali terisi penuh.