Liga Indonesia

Urung Bela Timnas Indonesia U-23 Secara Penuh di SEA Games, Begini Respons Saddil Ramdani

Senin, 2 Mei 2022 19:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Saddil Ramdani ketika membela Timnas Indonesia U-19 vs Jepang U-19 di perempatfinal Piala Asia U-19. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Saddil Ramdani ketika membela Timnas Indonesia U-19 vs Jepang U-19 di perempatfinal Piala Asia U-19.

INDOSPORT.COM - Gelandang sayap Timnas Indonesia U-23, Saddil Ramdani, angkat bicara setelah dipastikan tidak bermain di semua laga di SEA Games 2021. Dia terpaksa absen karena harus kembali ke klubnya, Sabah FC.

Saddil Ramdani hanya dilepas untuk satu laga penyisihan Grup A SEA Games 2021 melawan Vietnam (06/05/22). Setelahnya, dia wajib kembali lagi Sabah FC karena akan tampil Piala FA Malaysia dan lanjutan Liga Super Malaysia 2022.

Sabah FC kemudian bersedia melepas Saddil lagi setelah 17 Mei 2022. Dengan catatan, Timnas Indonesia U-23 mampu menembus semifinal SEA Games 2021.

Bagi Saddil, kebijakan tersebut sudah disepakati klub dan PSSI sehingga dia hanya menuruti. Pemain 23 tahun itu berjanji tampil maksimal di SEA Games 2021.

"Senang ya karena pertama gabung lagi di Timnas. Harapannya semoga bisa memberikan yang terbaik dan bisa menampilkan beribu-ribu persen," buka Saddil.

Eks Persela Lamongan itu menjelaskan belum dalam kondisi fit. Saddil baru beberapa hari bergabung jadi harus adaptasi, terutama soal taktikal.

"Kondisi saya belum 100 persen, karena baru gabung dengan tim, sedangkan tim juga mempersiapkan baik fisik dan mental untuk persiapan," jelas Saddil.

"Karena kemarin saya disampaikan awalnya tidak jadi berangkat, tapi waktu dua hari lalu dikabarin untuk tetap bergabung. Tapi wajib bagi anak Indonesia untuk mewakili negara, siap atau pun tidak siap, harus membela timnas," katanya.

Ini akan jadi SEA Games ketiga bagi Saddil Ramdani setelah tampil di tahun 2017 dan 2019 lalu. Dari dua ajang sebelumnya, dia hanya hantarkan skuad Garuda Muda raih perunggu dan perak.

Saddil Ramdani sendiri sebetulnya bertekad membantu Timnas U-23 raih medali emas pada SEA Games 2021. Hal itu juga sesuai target PSSI.

"Target tentu bisa meraih emas, seperti yang teman-teman dan coach sampaikan. Semoga kami bisa meraih kesuksesan di tahun ini, memberikan yang terbaik, kerja keras dan selalu disiplin," tuntasnya."