Bola Internasional

Resmi! Termasuk Liga Champions, UEFA Larang Klub dan Timnas Rusia Tampil di Kompetisi Eropa

Selasa, 3 Mei 2022 14:45 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
© uefa
UEFA resmi melarang klub dan tiimnas Rusia tampil di kompetisi Eropa, termasuk Liga Champions. Hal itu menyusul invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina. Copyright: © uefa
UEFA resmi melarang klub dan tiimnas Rusia tampil di kompetisi Eropa, termasuk Liga Champions. Hal itu menyusul invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina.

INDOSPORT.COM - UEFA resmi melarang klub dan Timnas Rusia tampil di kompetisi Eropa, termasuk Liga Champions. Hal itu menyusul invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina.

Senin (02/05/22), UEFA mengeluarkan pernyataan untuk Rusia yang berisi larangan partisipasi di kompetisi Eropa. "Larangan berlaku sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," demikian pernyataan dari UEFA dilansir dari CNN.

Portugal, yang awalnya dikalahkan oleh Rusia dalam play-off, akan menggantikan negara itu di turnamen Euro 2022 Wanita yang dijadwalkan pada Juli di Inggris.

Rusia juga tidak akan bermain di dua pertandingan Kualifikasi Eropa ke Piala Dunia Wanita FIFA 2023. Untuk musim 2022/23, Rusia tidak akan memiliki klub yang berpartisipasi di Liga Champions UEFA, Liga Eropa UEFA, Liga Konferensi Eropa UEFA, Liga Champions Wanita UEFA, atau UEFA Youth League.

Juga, UEFA mengatakan tawaran Rusia untuk menjadi tuan rumah Euro 2028 atau Euro 2032 telah dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Kota St. Petersburg di Rusia telah dicabut haknya untuk menjadi tuan rumah Final Liga Champions musim ini di tengah sejumlah sanksi yang dijatuhkan pada Rusia pada Maret segera setelah invasinya ke Ukraina dimulai.

Sanksi tersebut termasuk larangan tidak terbatas oleh FIFA, badan pengatur sepak bola dunia, dari sepak bola internasional dan berarti bahwa Rusia dikeluarkan dari babak playoff Eropa untuk Piala Dunia tahun ini di Qatar.

Sejumlah organisasi olahraga telah melarang atlet Rusia dan Belarusia dari kompetisi mereka setelah invasi, dengan sanksi terbaru datang dari penyelenggara di Wimbledon.

Kompetisi tenis itu melarang atlet kedua negara berkompetisi di turnamen musim panas ini. Keputusan UEFA menjatuhkan sederet sanksi ini karena invasi yang dilakukan Rusia kepada Ukraina.