Liga Indonesia

Sederet Julukan Klub Sepak Bola Indonesia yang Berasal dari Cerita Rakyat

Selasa, 3 Mei 2022 09:50 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Prio Hari Kristanto
© Picdeer.com/Emje.1932
Indonesia merupakan salah satu negara yang masih menjunjung nilai-nilai kebudayaan dan berusaha tetap menjaga warisan yang ditinggalkan para pendahulu. Copyright: © Picdeer.com/Emje.1932
Indonesia merupakan salah satu negara yang masih menjunjung nilai-nilai kebudayaan dan berusaha tetap menjaga warisan yang ditinggalkan para pendahulu.

INDOSPORT.COM - Indonesia merupakan salah satu negara yang masih menjunjung nilai-nilai kebudayaan. Dan berusaha tetap menjaga warisan yang ditinggalkan para pendahulu, termasuk sepak bola.

Hal itu lantas berdampak signifikan terhadap kehidupan sehari-hari bahkan sampai ke penamaan yang diberikan sebagai simbol rasa syukur sekaligus upaya merawat warisan budaya itu sendiri.

Sisa-sisa warisan masa lalu tak hanya ditemukan pada nama seseorang, gedung bahkan jalan. Lebih dari itu pengaruh budaya itu bahkan sampai persepakbolaan Tanah Air.

Tentu proses akulturasi budaya ini tak berjalan begitu saja, ada latar belakang yang membuat hal ini bisa terjadi. Sehingga dapat menyatu dengan budaya popular, dalam hal ini adalah sepak bola.

Pengaruh kebudayaan itu terwujud dalam julukan yang disematkan kepada klub. Meski demikian, pemberian julukan ke klub Indonesia dengan nama tokoh dari cerita rakyat bukanlah hal yang baru.

Hampir di seluruh tim sepak bola di Indonesia telah memiliki julukannya masing-masing. Mulai dari tokoh dalam cerita rakyat, mitos, hingga nama daerah yang merepresentasikan semangat mereka.

Bahwasanya dengan pemberian julukan yang diambil dari cerita rakyat. Diharapkan dapat membangkitkan semangat klub melalui kisah heroik dan kepahlawanan yang ada dalam tokoh tersebut.

Berbicara mengenai identitas, setiap klub pastinya memilih tokoh yang memang sudah lekat dan mudah diingat oleh orang awam sekali pun, hal ini tentu berkaitan dengan branding klub itu sendiri.

Selain latar belakang dan sejarahnya, sepertinya klub-klub Indonesia lebih dahulu telah melakukan riset yang berkaitan dengan cerita ataupun tokoh yang akan mereka angkat sebagai ikon tim.

Lantas, apa saja julukan klub-klub di Indonesia yang mengambil dari cerita rakyat yang merupakan bagian sejarah dan budaya yang telah turun-menurun ada, berikut telah INDOSPORT rangkum.