Bola Internasional

Mengintip Rekor Mourinho di Final Kompetisi Eropa, AS Roma Auto Juara UEFA Conference League?

Sabtu, 7 Mei 2022 00:03 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Alberto Lingria
Mengintip rekor Jose Mourinho kala menukangi timnya di final kompetisi Eropa. Akankah AS Roma jadi juara UEFA Conference League 2021/22? Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Mengintip rekor Jose Mourinho kala menukangi timnya di final kompetisi Eropa. Akankah AS Roma jadi juara UEFA Conference League 2021/22?

INDOSPORT.COM – Mengintip rekor Jose Mourinho kala menukangi timnya di final kompetisi Eropa. Akankah AS Roma jadi juara UEFA Conference League 2021/22?

AS Roma berhasil melaju ke final UEFA Conference League 2021-2022 setelah melibas Leicester City pada Jumat (6/5/22) dini hari WIB.

Gol tunggal Tammy Abraham menjadi kunci kelolosan ke partai puncak. Selanjutnya, mereka akan berhadapan dengan Feyenoord di Air Albania Stadium pada 26 Mei mendatang.

Pesta kemenangan AS Roma dibarengi rekor luar biasa Jose Mourinho. Dia menjadi satu-satunya pelatih yang mampu mencapai final kompetisi Eropa dengan empat klub yang berbeda.

Seperti diketahui, Jose Mourinho merupakan salah satu pelatih yang terbilang sukses di kancah Eropa. Perjalanannya dimulai saat menukangi FC Porto.

Setelahnya kiprah pelatih berjuluk The Special One ini berlanjut bersama tim-tim lainnya, seperti Inter Milan dan Manchester United.

Jika dihitung dengan AS Roma, tercatat Mourinho telah lima kali merasakan final di kompetisi Eropa, terlepas dari UEFA Super Cup atau Piala Super UEFA.

Rekor Mourinho di final Eropa pun cukup mentereng bersama tiga klub tersebut, yakni selalu menang dalam empat kali final kompetisi benua biru selain UEFA Super Cup.

Akankah rekor apik ini akan berlanjut ke AS Roma di final UEFA Conference League nanti? Untuk menjawabnya, ada baiknya kembali mengenang kiprah Jose Mourinho di empat final kompetisi Eropa.