In-depth

5 Pemain yang Pernah Mencetak Gol Seperti Kilat di era Liga 1

Selasa, 10 Mei 2022 20:35 WIB
Editor: Juni Adi
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Duel pemain Persib Bandung, David Da Silva dengan pemain Persebaya di BRI Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Duel pemain Persib Bandung, David Da Silva dengan pemain Persebaya di BRI Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Lima pemain ini pernah membuat gol di era Liga 1 seperti kilat dengan waktu yang singkat.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, kini sudah memasuki era profesional sejak tahun 1994 lalu setelah PSSI memutuskan untuk melebur Galatama dan Perserikatan.

Hampir lebih dari dua dekade berjalan, kompetisi sepak bola nasional kerap berganti-ganti nama dan format. 

Mulai dari dua wilayah bernama Liga Indonesia dan Liga Super Indonesia, kemudian sempat menggunakan format kompetisi penuh satu wilayah, yang diteruskan pada era Liga 1.

Liga 1 sendiri hadir pada tahun 2017, setelah sepak bola Indonesia terbebas dari sanksi FIFA akibat dualisme kepengurusan PSSI.

Empat musim bergulir, banyak sejarah tercipta di Liga 1. Salah satunya adalah Bali United yang mampu menjadi tim pertama di sepak bola Indonesia era Liga 1 merebut gelar juara secara back to back atau dua musim beruntun.

Sementara itu, striker mereka, Ilija Spasojevic, dinobatkan sebagai top skor kompetisi setelah membuat 23 gol.

Tak hanya sampai di situ, sejarah lain yang tercipta adalah banyaknya para pemain yang mampu mencetak gol dengan waktu yang cepat. 

Siapa saja mereka? berikut ulasan enam pemain era Liga 1 yang mampu mencetak gol cepat.

Aleksandar Rakic

Pertama ada Aleksandar Rakic. Mantan penyerang Barito Putera itu menorehkan prestasi cukup apik di Liga 1 yakni menjadi salah satu pencetka gol tercepat.

Torehan itu ia buat pada musim debutnya di Liga 1 pada tahun 2018 lalu. Pertama kali merumput di sepak bola Tanah Air, tidak membuat Aleksandar Rakic kesulitan beradaptasi.

Ia langsung tampil impresif dengan gol-golnya bersama PS Tira pada saat itu. Ia sukses menjadi top skor dengan 21 gol di Liga 1 2018.

Dari total 21 gol yang ia hasilkan, satu angka dibuat saat pertandingan berlangsung 58 detik.

Momen itu terjadi ketika PS TIRA bertemu Bali United pada September 2018. Sayangnya, gol tersebut mampu disamakan tim lawan dan skor berkesudahan 1-1.
 
Meski catatan pemain-pemain di atas sangat mengesankan, ternyata masih belum bisa mematahkan rekor gol tercepat dalam sejarah Liga Indonesia atas nama Pedro Javier.

Ia membuat gol pada detik ke-9 dalam laga Persija Jakarta kontra PSAP Sigli di era ISL 2012.