Liga Indonesia

Jalani Pemulihan Pasca Operasi Bahu, Kim Kurniawan Dipastikan Absen di Awal Liga 1

Selasa, 10 Mei 2022 21:00 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan saat ditemui di tempat usahanya di Jalan Sulanjana, Kota Bandung. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan saat ditemui di tempat usahanya di Jalan Sulanjana, Kota Bandung.

INDOSPORT.COM - Gelandang PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan harus absen di beberapa pekan awal Liga 1 2022/2023 lantaran masih dalam masa pemulihan pasca operasi bahu.

Operasi bahu Kim Jeffrey Kurniawan dilakukan di sebuah rumah sakit di Jakarta pada dua pekan lalu. Operasi tersebut merupakan hasil kesepakatan dengan manajeman PSS Sleman.

Kim Kurniawan menjelaskan bahwa sebenarnya operasi bahu ini bisa dilangsungkan ketika kompetisi musim lalu berlangsung. Akan tetapi Kim berkomitmen untuk membantu PSS Sleman di gelaran Liga 1 musim lalu.

"Jeda waktunya panjang sampai musim berikutnya mulai. Jadi, saya bisa menggunakan waktu tersebut untuk penyembuhan," ujar pemain berusia 32 tahun tersebut dilansir dari laman resmi PSS Sleman.

Pasca operasi, Kim Jeffrey Kurniawan mengungkapkan bahwa kondisinya saat ini baik dan berharap proses penyembuhan dan fisioterapinya dapat berjalan lancar.

"Satu hingga dua bulan fokus pada penyembuhan jahitan di ligamen sekaligus memulai latihan penguatan. Setelah itu mulai latihan individu karena secara medis belum boleh latihan body contact secara langsung," sambungnya lagi.

Kim Kurniawan enjelaskan, pertama kali ia mendapatkan cedera dislokasi bahu ketika bertanding melawan Persik Kediri di pekan ke-6 Liga 1 musim 2021/2022. Setelah itu cedera kedua terjadi dalam rentang jeda waktu yang panjang dari kejadian pertama.

"Terjadi lagi dislokasi beberapa minggu dari kejadian pertama. Setelah melalui proses pemeriksaan terdapat robek di ligamen bahu. Jadi untuk operasinya kemarin dijahit kembali pada robekan tersebut," kata Kim.

Pada musim lalu, Kim Kurniawan tercatat bermain pada 31 pertandingan di Liga 1 Indonesia untuk PSS Sleman dan berhasil menyumbangkan tiga gol serta dua assist.