In-depth

Diam-Diam Menghanyutkan! West Ham Jadi Gudang Pemain Laris Manis di Bursa Transfer

Rabu, 11 Mei 2022 19:44 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Matthew Childs
West Ham memiliki pemain-pemain yang laris manis di bursa transfer. Foto: Reuters/Matthew Childs. Copyright: © Reuters/Matthew Childs
West Ham memiliki pemain-pemain yang laris manis di bursa transfer. Foto: Reuters/Matthew Childs.

INDOSPORT.COM - West Ham United, meski bukan klub super raksasa seperi Manchester United dan Liverpool, sudah cukup punya nama di buku sejarah sepak bola Inggris.

Sejauh ini, mereka memang belum pernah menjadi juara di kompetisi kasta pertama Inggris, namun bukan berarti klub yang berbasis di London ini eksis tanpa prestasi.

Sejumlah gelar kompetisi kasta kedua dan beberapa ajang lainnya termasuk Piala FA tercatat pernah diraih pada masa lampau.

Seperti klub sepak bola pada umumnya, The Hammers juga memiliki masa kejayaan yang akan terus diingat oleh para penggemar seumur hidup.

Adalah Ron Greenwood yang sukses membawa tim ini meraih trofi European Cup Winners' Cup dan Piala FA, ditambah Charity Shield yang mereka ‘bagi’ bersama Liverpool karena laga yang berakhir sama kuat.

Tahun demi tahun pun berlalu, West Ham United yang menikmati masa-masa kejayaan bersama Ron Greenwood pada era 1960-an perlahan kehilangan konsistensinya.

Memasuki tahun 2010-an, mereka sempat mendatangkan pelatih-pelatih ternama dengan harapan bisa memperbaiki prestasi tim yang jebol dan naik turun.

Dua di antaranya David Moyes dan Manuel Pellegrini. Akan tetapi, inkonsistensi bak penyakit lama menahun yang tidak bisa hilang dari tubuh West Ham United.

Meski punya kemampuan menembus tiga posisi teratas di klasemen Liga Inggris saat awal musim, The Hammers pada akhirnya akan merosot dan berakhir di papan tengah atau bahkan terlempar dari 10 besar.

Musim ini, mereka bersaing ketat dengan Manchester United dan Tottenham Hotspur untuk zona Liga Europa dan UEFA Conference League.