In-depth

AC Pisa, Klub 'Wisata Italia' Eks Besutan Legenda Milan yang Siap Comeback ke Serie A

Sabtu, 14 Mei 2022 20:40 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© instagram.com/pisasportingclub/
Profil singkat serta perjalanan AC Pisa, sang klub kota wisata Italia yang pernah dibesut mantan legenda AC Milan dan musim ini siap comeback ke Serie A. Copyright: © instagram.com/pisasportingclub/
Profil singkat serta perjalanan AC Pisa, sang klub kota wisata Italia yang pernah dibesut mantan legenda AC Milan dan musim ini siap comeback ke Serie A.

INDOSPORT.COM – Mengenal profil singkat serta perjalanan AC Pisa, sang klub dari salah satu kota wisata Italia yang pernah dibesut mantan legenda AC Milan dan musim ini siap memulai mimpi untuk comeback ke Serie A.

Seperti diketahui, bahwa kompetisi kasta kedua Liga Italia yakni Serie B musim ini sudah menghasilkan dua tim yang dipastikan promosi ke Serie A musim depan.

Walau berstatus kasta kedua, namun drama tetap terjadi bahkan penentuan juara dan tim yang berhak naik level harus ditentukan hingga pertandingan pekan terakhir Serie B.

Hingga pekan ke-38 Serie B kemarin, ada empat tim yang masih memperebutkan dua tiket promosi otomatis.

Mereka adalah Lecce, Cremonese, Monza dan Pisa yang masing-masing memiliki peluang sama besarnya untuk langsung melenggang ke Serie A musim depan.

Lecce menjadi tim yang lebih dulu memastikan promosi, usai mengalahkan tim juru kunci, Pordenone, dengan skor tipis 1-0 melalui gol semata wayang Zan Majer.

Disusul oleh Cremonese yang jadi tim kedua memastikan tiket lolos, setelah sukses menumbangkan tim milik grup Djarum, Como FC dengan skor 2-1.

Sementara Pisa dan AC Monza harus puas berada di posisi ketiga dan keempat dengan sama-sama mengoleksi 67 poin, kedua tim tersebut masih bisa meraih tiket promosi Serie A melalui jalur play off.

Khusus bagi AC Pisa, keberhasilan mereka mendapatkan jatah promosi meski melalui play off, bisa dibilang merupakan pencapaian luar biasa.

Pasalnya, AC Pisa dalam beberapa musim terakhir sempat mendapat masalah keuangan serius, bahkan di tahun 2009 lalu, klub harus dikeluarkan oleh Federasi Sepak Bola Italia akibat krisis ekonomi yang parah.

Meski memiliki catatan kelam bahkan dikeluarkan oleh FIGC, namun nama AC Pisa punya kenangan tersendiri buat para pencinta sepak bola Serie A Liga Italia.

Apalagi klub yang bermarkas di Arena Garibaldi ini sempat dihuni oleh sejumlah legenda sepak bola dunia, bahkan dilatih oleh ikon tim AC Milan beberapa tahun lalu.