Bola Internasional

Dari Liga 3 Indonesia ke Liga 3 Finlandia, Eks Persija Barat dan ASIOP Resmi Gabu Korsnas FF!

Senin, 16 Mei 2022 20:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Sebastian Ongkowijaya memperpanjang daftar pemain Indonesia yang berkarie di luar negeri dengan berbagung bersama Korsnas FF di divisi tiga Finlandia. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Sebastian Ongkowijaya memperpanjang daftar pemain Indonesia yang berkarie di luar negeri dengan berbagung bersama Korsnas FF di divisi tiga Finlandia.

INDOSPORT.COM - Bagi pesepakbola Indonesia, berkiprah di luar negeri tidak melulu harus menunggu tawaran dari kesebelasan ternama dari negara besar.

Jika memang ada kesempatan sekecil apapun tetap harus diambil. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Sebastian Ongkowijaya, mantan gelandang Persija Barat dan ASIOP yang kini resmi membela Korsnas FF.

Sebastian sebenarnya merupakan pendatang anyar di sepak bola Indonesia karena kariernya di Liga 3 bersama Persija Barat dan ASIOP baru dimulai pada musim 2021/2022 lalu.

Sebelumnya Sebastian yang kini berusia 24 tahun bermain untuk kesebelasan Universitas Davis and Elkins, negara bagian West Virginia, Amerika Serikat.

Akan tetapi ia kemudian langsung ingin merantau lagi ke negeri orang dan Korsnars yang berkompetisi di divisi 3 Finlandia.

Transfer Sebastian Ongkowijaya sendiri sudah diresmikan sejak 6 Mei lalu dan akan menjadi bagian dari skuat Korsnas FF untuk musim 2022 yang kini sudah berjalan dua pertandingan di divisi mereka, Lansi Group C.

Tidak diketahui berapa besaran harga transfer Sebastian namun kemungkinan besar Korsnas mendapatkannya secara cuma-cuma.

Bagaimana cara Korsnas melakukan pemanduan bakat untuk pemain berdarah Tionghoa tersebut? Jawabannya adalah koneksi agen.

Agensi yang menaungi Sebastian, OPSM Pro, adalah partner Korsnas untuk memasok pemain dan tidak hanya Sebastian sendiri yang dikirim badan tersebut ke Finlandia.

Ada juga Vitor Venancio (Brasil) dan Sebastian Del Rio (Paraguay) yang didatangkan di hari yang sama dengan Sebastian Ongkowijaya ke Korsnas FF.