In-depth

Berpredikat Los Galactico, Jalan Arema FC Menuju Gelar Liga 1 Tetap Tak Akan Mudah

Rabu, 18 Mei 2022 15:11 WIB
Editor: Juni Adi
© Ian Setiawan/Indosport.com
Skuat Arema FC mulai latihan. Foto: Ian Setiawan/Indosport.com Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Skuat Arema FC mulai latihan. Foto: Ian Setiawan/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Arema FC mengikuti jejak Madura United yang kini doyan mengumpulkan pemain bintang. Kendati demikian, jalan mereka merebut gelar juara Liga 1 tetap tidak mudah.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1, dalam beberapa bulan lagi akan segera dimulai tepatnya 27 Juli 2022 mendatang.

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 musim depan. 

"Liga 1 mudah-mudahan 27 Juli sudah Kick off," ucap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di sela-sela acara HUT PSSI di Stadion GBK beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, sebelum kompetisi Liga 1 bergulir, PSSI berencana akan lebih dulu menggelar turnamen pramusim.

Di mana seperti tahun-tahun sebelumnya, turnamen pramusim menjadi ajang pemanasan untuk klub sebelum bertarung di kompetisi sesungguhnya.

Namun sebelum menyongsong pramusim, klub-klub peserta Liga 1 saat ini tengah disibukan dengan agenda jual beli pemain di bursa transfer.

Banyak klub yang sudah bergerak cepat untuk mengamankan pemain incarannya. Tidak sedikit klub yang menggelontorkan dana besar, untuk mendapatkan pemain bintang.

Hal itu dilakukan untuk membentuk tim kuat demi bisa bersaing merebut gelar juara Liga 1 musim depan. Tak ayal tim itu disebut sebagai Los Galacticos.

Istilah Los Galacticos sendiri diambil dari bahasa Spanyol, yang mempunyai arti Galaxy Penuh Bintang, yang identik dengan klub raksasa Spanyol, Real Madrid, yang dikenal sebagai tim doyan membeli pemain bintang.

Di Liga 1, Arema FC menyandang status Los Galacticos tersebut setelah mereka mendatangkan banyak pemain bintang di bursa transfer kali ini.