In-depth

4 Klub ASEAN Lain yang Bisa Jadi Pelabuhan Jordi Amat Selain JDT

Kamis, 19 Mei 2022 17:17 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Jordi Amat tiba di Jakarta. Copyright: © PSSI
Jordi Amat tiba di Jakarta.

INDOSPORT.COM Jordi Amat selangkah lagi akan segera menjadi pemain naturalisasi membela Timnas Indonesia. Ia kabarnya berminat main di liga-liga ASEAN. Kemana?

Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia, Jordi Amat, memutuskan untuk meninggalkan sepak bola Eropa, setelah kontraknya tak lagi diperpanjang oleh klub asal Belgia, KAS Eupen akhir musim ini.

Rumornya pemain yang akan segera mendapat kewarganegaraan Indonesia itu berencana untuk melanjutkan karier sepak bolanya di kompetisi sepak bola Asia Tenggara.

"Jordi Amat sudah mengucapkan salam perpisahan kepada tim dan berencana melanjutkan karier di ASEAN," tulis pernyataan KAS Eupen di situs resminya beberapa waktu lalu.

Amat bergabung dengan KAS Eupen pada musim panas 2019. Pemain yang juga menjabat sebagai kapten tim itu sudah bermain sebanyak 86 kali untuk tim yang mentas di Liga Belgia tersebut.

Pemain yang berposisi sebagai bek itu sudah berpengalaman main di pentas Eropa. Tercatat, Swansea City, Espanyol, hingga Real Betis pernah menjadi klub yang dibela oleh Amat.

Sementara itu seiring perkembangan rumor, nama klub asal Malaysia, Johor Darul Takzim, mencuat akhir-akhir ini yang dikabarkan menjadi kandidat baru pelabuhan karier Jordi Amat.

Kabar akan bergabungnya Jordi Amat ke Johor Darul Takzim, bahkan sampai membuat nama Exco PSSI, Hasani Abdulgani ikut terseret dalam pemberitaan.

Hal itu juga tidak lepas dari hadiranya Jordi Amat di Indonesia, yang membuat dirinya disebut-sebut akan menyelesaikan proses kepindahannya ke JDT selain mengurus proses naturalisasinya.

Akan tetapi Hasani Abdulgani enggan berkomentar banyak terkait masa depan sang pemain. 

Sebab menurutnya ia hanya membantu proses naturalisasi, dan tidak mencampuri urusan pemilihan klub baru Jordi Amat.

"Kepada teman-teman yang bertanya soal Jordi Amat ke JDT. Tugas saya adalah membantu coach STY untuk bernegosiasi sama pemain keturunan yang bermain di luar negeri. Fokus kami hanya di timnas," jelasnya di keterangan postingannya.

"Kami tidak ikut campur soal pilihan pemain untuk memilih bermain di klub mana, karena itu adalah hak setiap pemain. Terima kasih," pungkasnya.

Hingga saat ini, Jordi Amat masih berada di Jakarta untuk mengurus proses naturalisasinya bersama PSSI dan Pemerintah.

Belum ada kabar lanjutan mengenai masa depan karier sepak bolanya, termasuk rumor ke JDT yang belum pasti.

Jika memang Jordi Amat berminat main di kawasan Asia Tenggara, dirinya bisa mempertimbangkan klub lain selain JDT. Mana saja?