Liga Indonesia

Janji David Rumakiek untuk Bobotoh: Saya Bantu Persib Bandung Juara Liga 1!

Sabtu, 21 Mei 2022 20:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/Indosport.com
Pemain Persib Bandung, David Rumakiek, saat sesi latihan perdana untuk persiapan Liga 1 2022-2023 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (17/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Pemain Persib Bandung, David Rumakiek, saat sesi latihan perdana untuk persiapan Liga 1 2022-2023 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (17/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Janji David Rumakiek untuk Bobotoh. Pesepak bola muda asal Papua itu mengaku akan membantu skuat Persib Bandung untuk meraih juara Liga 1.

Sebagaimana diketahui, David Rumakiek adalah pemain muda potensial yang baru saja diboyong oleh manajemen Persib Bandung pada bursa transfer Liga 1 2022/23.

Walau Persipura Jayapura harus degradasi, tapi potensi David Rumakiek harus tetap dijaga. Maka dari itu, Persib Bandung membuka tangan untuk sang pemain.

Perjalanan karier David Rumakiek memang tak bisa lepas dari Persipura. Tim Mutiara Hitam berperan penting dalam memoles David sejak debutnya di usia 16 tahun.

David Rumakiek mengaku awalnya hanya bermain bola asal-asalan saja di Jayapura, sampai akhirnya ada pelatih SSB Batik yang mengajarinya dari dasar-dasar sepak bola.

Ketika ada turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 yang memiliki jenjang di level U-21, David Rumakiek coba peruntungan, walau usianya masih 16 tahun.

"Dulu kan ada TSC, Liga U-21, kebetulan saya masih 16 tahun, saya sudah main di tim U-21. Puji Tuhan saya dapat tempat utama juga di tim U-21 sama kakak-kakak senior."

Melihat potensi David Rumakiek, Persipura tak mau buang-buang waktu dan langsung memberi jatah debut pada pemain yang berposisi sebagai bek kiri tersebut.

"Waktu Persipura U-19 juara lawan Persib, saya juga di situ. Sampai saya di Persipura senior, ada beberapa kali bermain, terus ke Timnas U-19, AFC dan AFF," ungkap David.

"Saya di Timnas U-23 juga pernah, dan di Persipura senior dapat menit bermain, Puji Tuhan, dan akhirnya sekarang saya ada di Persib Bandung," ucap David di Tiento ID.