In-depth

4 Kiprah Pelatih Lokal bersama Timnas Indonesia di SEA Games, Siapa yang Paling Harum Namanya?

Senin, 23 Mei 2022 11:23 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Timnas Indonesia U-23 vs Filipina Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia U-23 vs Filipina

INDOSPORT.COM - Berikut beberapa pelatih lokal yang berkiprah bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games:

Timnas Indonesia U-23 sukses meraih kemenangan saat berhadapan dengan Malaysia di perebutan tempat ketiga atau medali perunggu cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021 Vietnam.

Bermain di Stadion My Dinh, Vietnam, Minggu (22/05/22) sore WIB, Timnas Indonesia U-23 menang dengan skor 4-3 melalui adu penalti atas Malaysia.

Kedua tim sempat bermain imbang 1-1 hingga waktu normal. Padahal di sepanjang babak pertama, Timnas Indonesia U-23 sendiri rajin melancarkan ancaman.

Namun pertahanan disiplin Malaysia membuat barisan penyerang Skuad Garuda Muda kesulitan membongkarnya. 

Sebaliknya Malaysia yang bermain pragmatis mengusung serangan balik. Akan tetapi pola menyerang mereka juga tidak efektif, sehingga bisa dipatahkan oleh para pemain Timnas Indonesia U-23.

Hingga akhirnya kedua tim tak bisa mencetak gol di babak pertama. Skor 0-0. Memasuki babak kedua, giliran Malaysia yang bermain lebih agresif.

10 menit pertama mereka mengancam gawang Timnas Indonesia U-23, akan tetapi beberapa kali serangan Malaysia mampu diredam.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-68. Timnas Indonesia U-23 mencetak gol lebih dahulu ke gawang Malaysia, lewat aksi Ronaldo Kwateh. Skor 1-0.

Jelang akhir babak kedua, Malaysia menyamakan skor di menit ke-81. Umpan silang Harimau Malaya sempat mengenai pemain Indonesia, dan berbelok arah. 

Skor berubah jadi 1-1 yang bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Pemenangpun harus ditentukan melalui adu penalti.

Timnas Indonesia U-23 mampu menjalankan dengan sukses. Dari lima penendang, hanya satu yang gagal, sedangkan Malaysia dua penendang. Skor 4-3 untuk kemenangan Merah Putih.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu di ajang SEA Games 2021. 

Sebelumnya, Timnas Indonesia beberapa kali mampu meraih medali perak karena mereka berhasil masuk final namun kalah. Seringnya, pencapaian itu justru saat dilatih oleh pelatih lokal.

Berikut beberapa pelatih lokal yang berkiprah bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games: