Liga Inggris

Akhir Era Roman Abramovich, Chelsea Resmi Umumkan Todd Boehly Jadi Pemilik Baru

Senin, 30 Mei 2022 23:14 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS-Tony Obrien
Era kepemimpinan taipan Rusia, Roman Abramovich di Chelsea resmi usai, setelah klub resmi mengumumkan Todd Boehly sebagai pemilik baru. Copyright: © REUTERS-Tony Obrien
Era kepemimpinan taipan Rusia, Roman Abramovich di Chelsea resmi usai, setelah klub resmi mengumumkan Todd Boehly sebagai pemilik baru.

INDOSPORT.COM – Era kepemimpinan taipan Rusia, Roman Abramovich di Chelsea resmi usai, setelah klub resmi mengumumkan Todd Boehly sebagai pemilik baru.

Pengumuman ini dilakukan oleh Chelsea pada Senin (30/05/22) malam WIB, selepas penjualan klub ke taipan Amerika Serikat, Todd Boehly resmi dilakukan.

Chelsea sebenarnya mulai dijual pada Maret 2022 silam usai taipan Rusia, Roman Abramovich disanksi oleh pemerintah Inggris terkait dengan kedekatannya dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Seperti diketahui, Rusia melakukan invasi ke Ukraina beberapa waktu lalu dan berdampak pada kepemilikan Roman Abramovich di Chelsea.

Sejak saat itu, Chelsea diberikan lisensi terbatas yang akan habis pada (31/05/22), atau Senin ini merupakan tenggat waktu terakhir untuk mengumumkan pemilik baru.

Namun demikian, The Blues kemudian memberikan pengumuman bahwa Roman Abramovich sudah merampungkan penjualan Chelsea kepada Clearlake Capital yang dipimpin oleh Todd Boehly.

“Proses penjualan dimulai pada Maret lalu usai Roman Abramovich mengumumkan keinginan untuk menjual Chelsea usai 19 tahun kesuksesan sebagai pemilik,” tulis rilis resmi Chelsea dilansir dari Metro.

“Abramovich ingin pemilik baru menjadi penjaga yang baik untuk Chelsea dan beberapa dari hasil penjualan itu didonasikan untuk amal dan membayar hutang yang terafiliasi dengan klub.”

“Dengan pengumuman ini, Direktur dan staf Chelsea bekerja untuk memuluskan transaksi penjualan. Raine, bank yang dipilih oleh Abramovich menjalankan proses penjualan.”

“Mereka memiliki keahlian dan pengalaman dalam penjualan klub olahraga dan akuisisi untuk memberikan usulan kepada pemilik klub dalam proses ini,” lanjutnya.