Liga Italia

Akusisi AC Milan dan Chelsea, Klub Mana yang Lebih Menguntungkan?

Kamis, 2 Juni 2022 05:15 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Alberto Lingria
Pemain AC Milan Olivier Giroud melakukan selebrasi dengan trofi dan rekan setimnya setelah menjuarai Liga Italia 2021/2022. Foto: REUTERS/Alberto Lingria Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Pemain AC Milan Olivier Giroud melakukan selebrasi dengan trofi dan rekan setimnya setelah menjuarai Liga Italia 2021/2022. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

INDOSPORT.COM – Raksasa Italia, AC Milan bisa menjadi klub yang lebih bernilai daripada Chelsea, yang juga baru diakuisisi pengusaha Amerika Serikat, Todd Boehly.

Pekan ini, kabar akuisisi klub besar Eropa menjadi perbincangan dengan AC Milan dan Chelsea sebagai tajuk utama.

Bulan lalu, taipan Rusia, Roman Abramovich resmi melepas Chelsea ke konsorsium Amerika, Clearlake Capital pimpinan Todd Boehly.

Akuisisi Chelsea menjadi yang termahal kedua di dunia, setelah akusisi Joseph Tsai pada tim Liga Bola Basket Amerika Serikat (NBA), Brooklyn Nets oleh Joseph Tsai pada 2019.

Pendapatan Chelsea diperkirakan jadi salah satu yang terbesar dengan prediksi meningkat 5,6 kali yang diberikan oleh media Ekonomi, Forbes.

Selain soal akuisisi Chelsea, AC Milan menjadi klub berikutnya yang resmi mendapatkan pemilik baru, dengan RedBird Capital, yang juga sama-sama berasal dari Amerika Serikat.

Gerry Cardinale, pimpinan RedBird Capital baru saja meresmikan kesepakatan dengan AC Milan yang pendapatannya diprediksi hanya akan meningkat 4.6 kali ke depannya.

Namun demikian, Forbes mencoba memberikan analisis singkat soal manakan yang lebih untung, RedBird dengan AC Milan atau Clearlake bersama Chelsea.

Memang, baik Chelsea maupun AC Milan sama-sama mendapatkan sukses di musim 2021/2022 dengan mengakhiri musim dengan baik.

Chelsea hanya duduk di peringkat ketiga Liga Inggris yang otomatis membawa mereka berlaga di kompetisi tertinggi Eropa, Liga Champions,