In-depth

5 Klub Top Eropa yang Memiliki Utang Terbanyak di 2022: Barcelona Paling Parah

Senin, 6 Juni 2022 10:39 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Reuters/Albert Gea
5 Klub Top Eropa yang Memiliki Hutang Terbanyak di 2022: Barcelona Paling Parah. Foto: Reuters/Albert Gea Copyright: © Reuters/Albert Gea
5 Klub Top Eropa yang Memiliki Hutang Terbanyak di 2022: Barcelona Paling Parah. Foto: Reuters/Albert Gea

INDOSPORT.COM - Berikut lima klub top Eropa yang memiliki hutang paling banyak pada 2022, termasuk tim raksasa Liga Spanyol, Barcelona hingga jawara Serie A Italia, AC Milan.

Hutang menjadi masalah besar yang harus dihadapi setiap klub sepak bola. Apalagi kondisi ini membuat mereka tidak bisa leluasa untuk berbelanja pemain di bursa transfer.

Bahkan sebagian dari mereka ada yang terpaksa melepas salah satu pemain bintangnya. Kemudian memangkas gaji pemain demi terbebas dari kebangkrutan.

Kali ini INDOSPORT akan membahas lima klub top Eropa yang memiliki hutang paling banyak pada 2022 menurut Sportskeeda:

Barcelona

Raksasa Liga Spanyol yakni Barcelona menjadi klub paling parah dalam berhutang. Hal itu setelah mereka menjadi klub paling boros selama beberapa musim terakhir.

Apesnya, investasi Barcelona tidak membuahkan hasil yang membuat manajemen memiliki beban finansial yang sangat tinggi. Menurut Sportskeeda, saat ini hutang Blaugrana menumpuk sebesar 1,3 miliar euro atau sekitar Rp20,4 triliun.

Hal itu membuat pelatih saat ini yaitu Xavi Hernandez tidak bisa leluasa dalam berbelanja pemain di bursa transfer musim panas mendatang.

Mereka sebenarnya sukses mendapatkan dua bintang yakni bek Andreas Christensen dan gelandang Franck Kessie secara gratis.

Sayang, kedua pemain tersebut masih belum bisa didaftarkan dikarenakan pihak klub terbentur oleh aturan Financial Fair Play (FFP).

Selain Barcelona, masih klub dengan hutang terbanyak seperti salah satu raksasa Liga Inggris hingga jawara Liga Italia. Berikut kelanjutannya: