Liga Indonesia

Ezra Walian Buka-bukaan Alasan Mau Naturalisasi jadi WNI, Tak Laku di Belanda?

Rabu, 8 Juni 2022 15:12 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© foxsports
3 Alasan Timnas Indonesia U-23 tak perlu panggil Ezra Walian. Copyright: © foxsports
3 Alasan Timnas Indonesia U-23 tak perlu panggil Ezra Walian.

INDOSPORT.COM - Pesepak bola Ezra Walian buka-bukaan mengenai alasannya mau naturalisasi menjadi WNI dan main di Timnas Indonesia. Tak laku di Belanda?

Sebagaimana diketahui, Ezra Walian adalah salah satu pemain naturalisasi yang datang berdasarkan garis keturunan, walaupun ia awalnya tidak bermain di Liga Indonesia.

Ezra Walian sudah mengikuti prosedur untuk naturalisasi sejak tahun 2017 lalu, hanya saja progresnya sempat mangkrak.

Pasalnya, Ezra tercatat pernah membela Timnas Belanda untuk kelompok usia muda. Umumnya, pemain yang sudah pernah main di Timnas, tak bisa berpindah warga negara.

Namun, setelah banyak perdebatan dan melalui proses yang panjang, Ezra Walian akhirnya mendapatkan statusnya sebagai warga negara Indonesia pada 2021 lalu.

Dengan demikian, Ezra Walian sudah bisa membela Timnas Indonesia. Setelah itu, ia juga pindah dari Belanda ke Tanah Air, dan mengarungi Liga 1 sebagai pemain lokal.

Saat hadir di Youtube Tiento, Ezra Walian mengaku benar bahwa ia ikut naturalisasi, karena tak lagi dipanggil ke Timnas Belanda. 

"Saya pernah bermain untuk Timnas Belanda sampai usia U-17, tapi saya tidak lagi mendapat tempat di Timnas Belanda."

Namun, bukan itu alasan utama Ezra Walian mau naturalisasi. Menurutnya, ia justru lebih dekat dengan Indonesia daripada Belanda, karena ayahnya adalah orang asli Manado.

"Di sisi lain, saya punya hubungan yang dekat dengan Indonesia. Waktu kecil kalau sedang liburan, saya berlibur ke Indonesia," ungkap pesepak bola 24 tahun tersebut.