Bola Internasional

Eks Asisten STY Sebut Pemain Timnas Indonesia Malas, Iwan Bule: Kasih Masukan Dong!

Kamis, 9 Juni 2022 17:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kunjungan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule ke skuat Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Rabu (06/11/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kunjungan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule ke skuat Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Rabu (06/11/19).

INDOSPORT.COM - Belakangan viral di media, mantan asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, mengatakan penggawa Garuda malas. Begini klarifikasi Iwan Bule.

Ada pun sosok yang dimaksud adalah Gong Oh-kyun, pelatih anyar Vietnam U-23.  Saat awal Shin Tae-yong menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, Gong jadi asisten.

Akan tetapi, ia memilih untuk mundur saat pandemi Covid-19 melanda negara-negara di seluruh dunia. Menurutnya, para pemain Garuda sulit menerima instruksi dari pelatih.

"Pertama kali saya di Indonesia, pemainnya sulit didekati dan kurang ramah," ungkap Gong Oh-kyun, dikutip dari T6he Thao 247.

"Saya pikir budaya menjadi perbedaan paling mencolok. Di sana (Indonesia) para pemainnya malas-melasan untuk belajar," terang pelatih Timnas Vietnam U-23 itu.

"Masalah lain jelas ada. Pemain Indonesia tidak memiliki semangat yang cukup, tekad yang saya miliki tidak sejalan. Sehingga sulit (untuk bertahan)," jelas Gong Oh-kyun lagi.

Mendengar pernyataan itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule tak mau ambil pusing. Menurutnya, pelatih yang lebih tahu dengan kondisi para pemainnya.

"Pelatih Korea mengatakan demikian, ya harus kita perbaiki kalau memang benar. Kan dia pernah melatih di beberapa klub. Perbaikannya bagaimana, kasih masukan."

"Dia kan ada pengalaman, sedangkan Ketua Umum ya kasih semangat, tapi di dalamnya STY harus meningkatkan sebagai pelatih," ucap Iwan Bule di Youtube Tommy Desky.

Menurutnya, PSSI sudah memberikan apa saja yang dibutuhkan Shin Tae-yong untuk menunjang Timnas Indonesia, termasuk adanya psikolog pendamping untuk pemain.