Bola Internasional

Kans Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023: Dipertimbangkan PSSI, tapi..

Kamis, 9 Juni 2022 19:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/Indosport.com
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat Kongres Biasa PSSI 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (30/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat Kongres Biasa PSSI 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (30/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - PSSI membuka peluang untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Tapi, hal tersebut bukan prioritas utama karena Indonesia juga akan menyelenggarakan Piala Dunia U-20 tahun depan. 

AFC membuka kesempatan bagi 24 negara untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Asia 2023, setelah tuan rumah sebelumnya, yakni China memutuskan mundur dengan alasan masih tingginya kasus covid-19 di sana. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan jadwal Piala Asia 2023 dan Piala Dunia U-20 sangat mepet. Hal itu akan membuat Indonesia keteteran jika mengajukan diri. 

Piala Asia 2023 dijadwalkan bergulir pada 16 Juni-16 Juli tahun depan, sedangkan Piala Dunia U-20 bisa saja dimainkan 20 Mei-12 Juni (mengacu pada jadwal 2021 sebelum batal karena pandemi virus corona). 

"Tuan rumah Piala Asia 2023 dalam pertimbangan kami karena tidak mudah, ada Piala Dunia U-20. Kami akan lihat waktunya, kalau hanya sebulan itu agak riskan," kata Mochamad Iriawan. 

"Katanya Juni (Piala Asia). Kalau jarak hanya sebulan agak berisiko, kalau September masih ada kemungkinan, tapi nanti akan dibahas dalam rapat Exco dan akan diputuskan," imbuh Iwan Bule, sapaan akrabnya. 

PSSI menjelaskan, rapat Exco akan dilakukan pasca Kualifikasi Piala Asia 2023. Pihaknya harus melihat hasil dari kualifikasi dan turut mendengarkan pendapat pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. 

"Setelah Shin Tae-yong kembali, baru kami diskusikan berkaitan Piala Asia ini karena memang sedang ada Piala Dunia U-20. Kami sebenarnya senang kalau jadi tuan rumah, kebanggaan buat kami," tutur Iriawan.

Meski pada akhirnya PSSI mengajukan diri jadi tuan rumah, hal itu tak serta merta membuat Indonesia lolos ke babak utama Piala Asia 2023.