Liga Indonesia

Usai Ikut Toulon Cup, PSSI Agendakan Timnas Indonesia U-19 Gelar TC di Eropa

Kamis, 9 Juni 2022 19:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Cukup puas dengan penampilan Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup, PSSI berencana lanjutkan TC di Eropa.  Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Cukup puas dengan penampilan Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup, PSSI berencana lanjutkan TC di Eropa. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Cukup puas dengan penampilan Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup, PSSI berencana lanjutkan TC di Eropa. 

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan cukup puas dengan penampilan Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2022, meski gagal ke semifinal. Ada banyak pelajaran yang didapat para pemain. 

"Timnas U-19 ini harus bertanding untuk pengalaman yang tinggi dan lawan di Toulon itu ada Meksiko, Ghana dan Venezuela. Alhamdulillah bisa menang (lawan Ghana)," kata Iriawan. 

"Mudah-mudahan dengan pengalaman ini akan menjadi Persiapan jelang Piala Dunia U-20," ujarnya.

Di Toulon Cup 2022, Timnas U-19 raih 1 kemenangan, 2 kekalahan dan 1 imbang. Karenanya, akan ada evaluasi setelah tim kembali ke Tanah Air. 

"Mereka akan kembali ke Jakarta dan kami akan evaluasi," ujar Ketum PSSI. 

Lebih lanjut, PSSI telah menyiapkan program pemusatan latihan untuk Timnas U-19 pascaikut Toulon Cup 2022 di Prancis. Skuad Garuda Nusantara akan berlatih di Eropa untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023. 

PSSI ingin para pemain dapat pengalaman bertanding melawan tim kuat di Eropa, seperti halnya Timnas Indonesia U-19 di tahun 2020 lalu. 

"Insya Allah, road map di luar, TC di luar negeri lagi. Bisa di Bosnia, Kroasia, Spanyol, Turki, akan didiskusikan nanti," kata Ketum PSSI. 

Selain rencana TC Timnas U-19 di Eropa, PSSI juga ingin pelatih Shin Tae-yong benar-benar fokus persiapan skuad menuju Piala Dunia U-20. Karenanya, tugas juru taktik Korea Selatan itu akan dipangkas.