Bola Internasional

Iwan Bule Bujuk Shin Tae-yong Fokus ke Timnas U-20, Indra Sjafri Turun Gunung?

Jumat, 10 Juni 2022 13:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Kemenpora
Ketua Umum PSSI, Moch. Iriawan alias Iwan Bule berencana membujuk Shin Tae-yong agar fokus ke Timnas U-20, Indra Sjafri pun kecipratan. Copyright: © Kemenpora
Ketua Umum PSSI, Moch. Iriawan alias Iwan Bule berencana membujuk Shin Tae-yong agar fokus ke Timnas U-20, Indra Sjafri pun kecipratan.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Moch. Iriawan alias Iwan Bule berencana membujuk Shin Tae-yong agar fokus ke Timnas U-20. Indra Sjafri pun kecipratan.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong sudah dua tahun menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, walau belum ada trofi juara yang ia dapatkan bersama Garuda.

Padahal, Shin Tae-yong menukangi tiga sektor, yaitu Timnas U-20, Timnas U-23, dan Timnas Senior. Namun, prestasi tim hanya mentok di posisi runner-up, belum juara.

Menurut Ketua Umum PSSI, Iwan Bule, hal itu awalnya adalah permintaan Shin sendiri, tapi belakangan, ia mengevaluasi bahwa pelatih asal Korea itu justru hilang fokus.

"STY itu dulu dikontrak untuk fokus ke U-20 yang disiapkan untuk World Cup, tapi dia menawar, dia ingin melatih di kelompok umur, baik U-20, U-23, dan senior."

"Katanya, ini berkesinambungan untuk perkembangan sepak bola, dari yang junior, ke tengah, dan senior," ungkap Iwan Bule saat wawancara bersama Tommy Desky.

"Sampai sini, tentu cukup padat beban atau kegiatan yang dihadapi, seperti Piala AFF dan SEA Games kemarin cukup dekat."

Dengan demikian, Iwan Bule berencana untuk membujuk Shin Tae-yong agar mau melepas peran sebagai pelatih Timnas U-23 dan senior, lalu fokus di Timnas U-20 saja.

Rencananya, Iwan Bule akan menyampaikan hal itu saat Shin Tae-yong sudah kembali dari Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

"Keputusannya belum, menunggu dia (STY) kembali dari Kuwait nanti, apakah tetap tiga itu, atau dua, atau satu, nanti kita diskusi."