In-depth

Evaluasi Timnas Indonesia Pasca Kalah dari Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023

Minggu, 12 Juni 2022 19:05 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22). Copyright: © PSSI
Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia harus melakukan evaluasi usai mengalami kekalahan dari Yordania, demi bisa meraih kemenangan atas Nepal di laga terakhir.

Timnas Indonesia harus menelan pil pahit kala berhadapan dengan tim kuat Yordania di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, di Stadion Jaber Al-Ahmad, Minggu (12/06/22) dinihari WIB.

Timnas Indonesia sejatinya mampu memberikan perlawanan kepada Yordania. Nadeo Argawinata juga tampil cemerlang di bawah mistar gawang, dengan menggagalkan sejumlah peluang emas lawan.

Sayang, Timnas Indonesia tidak bisa menghindari kekalahan 0-1 dari Yordania. Padahal di awal-awal pertandingan babak pertama dimulai, Skuad Garuda tampil cukup baik.

Anak asuh Shin Tae-yong mendapat peluang pertama ke gawang Yordania pada menit ke-20, melalui Dimas Drajat. Sayang sundulannya masih melenceng.

Dua menit berselang giliran Saddil Ramdani yang mengancam gawang Yordania. Akan tetapi, tendangannya masih melebar ke sisi gawang lawan.

Yordania yang unggul postur badan bukan tanpa peluang. Mereka beberapa kali menebar ancaman ke gawang Timnas Indonesia, yang nyaris berbuah gol.

Akan tetapi ketangguhan kiper Nadeo membuat barisan depan Yordania frustasi.

Salah satu peluang yang digagalkan adalah pada menit ke-33. Nadeo melakukan penyelamatan krusial, dengan menepis bola yang sudah di depan gawang.

Tak ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir. Kedua tim memasuki kamar ganti dengan kedudukan sama kuat 0-0.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia harus menelan pil pahit di awal usai jeda. Pada menit ke-48, gawang Timnas Indonesia harus kebobolan melalui gol Yazan Abdallah Alnaimat.

Dua menit kemudian, Indonesia mencoba membalas. Satu peluang emas didapat melalui lemparan kedalam Pratama Arhan yang cuma membentur mistar gawang Yordania.

Dua menit kemudian, Indonesia mencoba membalas. Satu peluang emas didapat melalui lemparan kedalam Pratama Arhan yang cuma membentur mistar gawang Yordania.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 untuk keunggulan Yordania atas Timnas Indonesia tak berubah. 

Dengan kekalahan ini posisi Timnas Indonesia harus turun ke peringkat ke-3 dengan koleksi 3 poin, digusur oleh Kuwait yang menang atas Nepal di pertandingan lainnya.

Nasib Timnas Indonesia harus ditentukan di pertandingan terakhir melawan Nepal untuk membuka peluang lolos ke Piala Asia 2023.

Untuk mewujudkan target kemenangan, Skuad Garuda wajib melakukan evaluasi tim usai mengalami kekalahan dari Yordania. Apa saja evaluasinya?