In-depth

3 Fakta Jelang Laga Hidup Mati Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023

Senin, 13 Juni 2022 13:54 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© PSSI
Timnas Indonesia akan bertemu Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang menjadi penentu kelolosan. Berikut 3 fakta yang tersaji jelang laga tersebut. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia akan bertemu Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang menjadi penentu kelolosan. Berikut 3 fakta yang tersaji jelang laga tersebut.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia akan bertemu Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang menjadi penentu kelolosan. Berikut 3 fakta yang tersaji jelang laga tersebut.

Jika di sepak bola Eropa tengah diramaikan dengan Nations League, maka sepak bola Asia kini dimeriahkan oleh kualifikasi Piala Asia 2023.

Babak kualifikasi kini memasuki putaran ketiga dengan tim-tim peserta dibagi ke 6 grup, di mana 6 juara grup dan 5 runner up terbaik akan lolos dan mengisi 11 slot tersisa di Piala Asia 2023.

Tergabung di Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal, timnas Indonesia yang dipimpin Shin Tae-yong mengawali perjalanan mereka dengan baik.

Bagaimana tidak, pada matchday pertama mereka sukses mengalahkan Kuwait yang berperan sebagai tuan rumah Grup A dengan skor tipis 2-1.

Tim Garuda ketika itu sejatinya sempat tertinggal lebih dulu di menit ke-40, lalu menyamakan skor 4 menit kemudian lewat penalti Marc Klok.

Dua menit babak kedua berjalan, Rachmat Irianto membawa Indonesia berbalik unggul di menit ke-78 dan skor 2-1 untuk Indonesia pun bertahan hingga laga terakhir.

Sayangnya, tren bagus itu tak bisa diteruskan oleh Marc Klok dkk. Menghadapi Yordania di matchday kedua pada Minggu (12/06/22) dini hari, Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan.

Nadeo Argawinata dkk harus bertekuk lutut terhadap Yordania yang merupakan tim terkuat di grup, dengan skor tipis 0-1.

Hasil itu pun membuat Timnas Indonesia tertahan di posisi kedua klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuat Garuda mengumpulkan 3 poin, sama seperti Kuwait di posisi 3 dan tertinggal 3 poin dari Yordania yang ada di puncak.