Bola Internasional

Reuni Bersejarah Empat Raja ASEAN di Piala Asia 2023, Dari Hanya Tuan Rumah Kini Lolos dengan Gagah

Rabu, 15 Juni 2022 08:27 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Lolosnya timnas Indonesia bersama Malaysia, Vietnam, dan Thailand ke Piala Asia 2023 jadi prestasi besar untuk sepak bola Asia Tenggara lampaui capaian di 2007. Copyright: © PSSI
Lolosnya timnas Indonesia bersama Malaysia, Vietnam, dan Thailand ke Piala Asia 2023 jadi prestasi besar untuk sepak bola Asia Tenggara lampaui capaian di 2007.

INDOSPORT.COM - Kemenangan besar dengan skor 7-0 yang didapat oleh timnas Indonesia tidak hanya bersejarah karena meloloskan Tim Garuda lagi ke Piala Asia setelah 15 tahun lamanya, namun juga menandakan kebangkitan sepak bola Asia Tenggara.

Sudah lebih dulu lolosnya Vietnam, Thailand, dan juga Malaysia kini membuat empat negara terbaik dari kawasan ASEAN bisa unjuk gigi di panggung terakbar Benua Kuning.

Ini adalah kali pertama ada empat negara dari Asia Tenggara bisa secara bersamaan menembus putaran final Piala Asia.

Rekor jumlah peserta dari ASEAN sebelumnya adalah tiga tim dimana Vietnam, Thailand, dan Filipina berangkat ke Uni Emirat Arab pada edisi 2019.

Memang baik Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand sudah pernah melakukannya di edisi 2007 lalu namun kala itu status mereka adalah tuan rumah bersama.

Bisa dibilang tiket mereka untuk ikut serta tidak didapat dari mengucurkan darah dan keringat di lapangan.

Kepastian justru sudah didapat tiga tahun sebelum Piala Asia 2007 dimulai meski kemudian AFC selaku federasi sepak bola Asia menyesali keputusan ini karena terbukti sulit untuk mengakomodir empat negara sekaligus sebagai tuan rumah.

Berbeda dengan Piala Asia 2023 yang diperjuankan secara sungguh-sungguh. Selain Vietnam yang sudah lolos sejak kualifikasi ronde kedua, tiga negara lain harus menanti sampai ronde ketiga.

Baik timnas Indonesia, Thailand, dan Malaysia pun kena bergantung pada hasil tim-tim lain untuk mendapat predikat lolos sebagai runner-up terbaik.

Andai Filipina bisa tampil lebih oke di grup mereka tentunya suka cita di Asia Tenggara pastinya terasa lebih meriah.