Bola Internasional

3 Faktor yang Bisa Buat Timnas Indonesia Cetak Sejarah dengan Lolos Fase Grup Piala Asia 2023

Kamis, 16 Juni 2022 16:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Berikut ini adalah tiga faktor yang membuat Timnas Indonesia bisa mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos dari fase grup Piala Asia. Copyright: © PSSI
Berikut ini adalah tiga faktor yang membuat Timnas Indonesia bisa mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos dari fase grup Piala Asia.

INDOSPORT.COM - Berikut tiga faktor yang membuat Timnas Indonesia bisa mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos dari fase grup Piala Asia.

Timnas Indonesia belum lama ini menorehkan catatan apik dengan menembus putaran final Piala Asia 2023. Keberhasilan ini menjadi yang pertama bagi Merah Putih sejak 2007 silam.

Skuat Garuda berhasil lolos ke putaran final usai finis sebagai salah satu Runner Up grup terbaik di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia sendiri berhasil menjadi salah satu Runner Up grup terbaik setelah mengandaskan perlawanan Nepal di laga terakhir grup A, Rabu (15/06/22).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Timnas Indonesia mampu mengalahkan Nepal dengan skor 7-0.

Kemenangan besar atas Nepal ini lantas membuat posisi Timnas Indonesia di Runner Up grup terbaik melesat ke posisi kedua, di belakang Kirgizstan.

Usai lolos putaran final Piala Asia untuk pertama kalinya sejak 15 tahun silam, Timnas Indonesia dihadapkan pada sejarah buruk di ajang ini.

Pasalnya, Timnas Indonesia tak pernah sekalipun lolos dari fase grup dan menembus babak Knock Out Piala Asia sejak kesertaan pertamanya pada 1996 silam.

Oleh karenanya, beberapa pihak merasa pesimis dengan catatan buruk itu. Meski begitu, ada beberapa faktor mengapa Timnas Indonesia bisa mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos dari fase grup Piala Asia.

Apa saja faktor tersebut? Berikut ulasannya.