In-depth

Melihat 5 Lionel Messi-nya Asia, Ada dari India hingga Indonesia

Jumat, 17 Juni 2022 14:06 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Christian Hartmann
Publik sepak bola sudah banyak mengenal ‘versi’ Lionel Messi yang berasal dari berbagai penjuru bumi. Foto: REUTERS/Christian Hartmann. Copyright: © REUTERS/Christian Hartmann
Publik sepak bola sudah banyak mengenal ‘versi’ Lionel Messi yang berasal dari berbagai penjuru bumi. Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

INDOSPORT.COM - Publik sepak bola sudah banyak mengenal ‘versi’ Lionel Messi yang berasal dari berbagai penjuru bumi.

Tidak mengherankan memang, mengingat pemain yang satu ini memang mengantongi popularitas yang sangat masif sebagai pesepak bola papan atas dunia.

Bahkan, tulisan di CV-nya mungkin nyaris tidak cukup jika harus dimuat dalam satu dua halaman atau beberapa baris ketikan.

Bersama satu klub saja yakni Barcelona, jumlah raihan trofinya harus dihitung sampai beberapa kali agar tidak ada yang terlewat.

Ya, Lionel Messi adalah salah satu pemain sepak bola paling ternama dengan segambreng gelar dalam genggaman.

Buntut dari popularitas yang sangat luar biasa itu, tentunya nama yang banyak dikenal orang dan harta berlimpah sebagai seorang megabintang.

Namun terlepas dari itu, ada satu hal unik yang juga mengiringi popularitas masif Lionel Messi di kancah sepak bola dunia.

‘Versi-versian’ atau entah apa namanya, yang biasa disematkan publik maupun khalayak ramai jika ada pemain yang menurut mereka mirip dengan bintang A, B, C, D, maupun Z.

Lionel Messi pun tidak luput sebagai subjek ‘versi-versian’ ini, yang pada akhirnya menghasilkan banyak ‘saudara kembar’ untuknya dari berbagai negara.

Sebelumnya, orang-orang sudah mengenal Messi Swiss, Xherdan Shaqiri; Messi Norwegia, Martin Odegaard; Messi Kroasia, Alen Halilovic; bahkan Messi Mesir, Mohamed Salah.