Liga Indonesia

2 Bobotoh Meninggal, Menpora Minta PSSI dan PT LIB Lakukan Investigasi

Sabtu, 18 Juni 2022 17:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Menpora Zainudin Amali. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Menpora Zainudin Amali. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyampaikan duka cita atas meninggalnya dua suporter Persib Bandung, Sabtu (18/6/22).

Dua suporter Persib diketahui meninggal dunia ketika hendak mendukung tim kesayangannya bertanding melawan Persebaya Surabaya. 

Panggungnya adalah lanjutan Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat (17/6/22). Atas insiden ini, Menpora mengucapkan duka cita mendalam.

"Saya turut berduka cita atas meninggalnya penonton sepak bola di Bandung saat menyaksikan pertandingan Persib vs Persebaya," imbuh Zainudin Amali, Sabtu (18/6/22).

"Tentu kita prihatin atas kejadian ini. Padahal, pertandingan sepak bola baru saja diizinkan untuk dihadiri penonton langsung di stadion," tambah Amali di Jakarta.

Atas kejadian ini, Zainudin Amali pun meminta kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara untuk melakukan investigasi.

"Harus segera dievaluasi tentang SOP yang berlaku di stadion ketika itu, sekaligus melihat lagi pelaksanaan di empat stadion yang sudah berlangsung selama ini," jelasnya.

Menpora Amali meminta PSSI dan PT LIB untuk berkoordinasi dengan pihak terkait, khususnya dengan keamanan lebih diintensifkan, sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi kelak.

"Pemerintah akan menunggu laporan resmi dari PSSI dan PT LIB. Tidak boleh ini terulang lagi karena  pertandingan masih banyak yang harus dilakukan. Kesiapan panitia daerah juga harus dipastikan pada setiap pertandingan," harapnya.