In-depth

Mengenal Thom Haye, Juara Euro U-17 yang Diidamkan Netizen Bela Timnas Indonesia di Piala Asia

Selasa, 21 Juni 2022 12:45 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© INDOSPORT/Getty Images
Thom Haye mengemuka sebagai pemain keturunan yang diidamkan netizen untuk membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, seperti apa kualitasnya? Copyright: © INDOSPORT/Getty Images
Thom Haye mengemuka sebagai pemain keturunan yang diidamkan netizen untuk membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, seperti apa kualitasnya?

INDOSPORT.COM Thom Haye mengemuka sebagai pemain keturunan yang diidamkan netizen untuk membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Seperti apa kualitasnya?

Timnas Indonesia berhasil mencetak prestasi apik belum lama ini. Dipimpin pelatih Shin Tae-yong, Elkan Baggott dkk berhasil merebut tiket ke Piala Asia 2023.

Hasil itu diraih setelah skuad Garuda sukses menjadi runner up Grup A di bawah Yordania, dan menjadi salah satu dari 5 runner-up terbaik yang merebut tiket ke putaran final.

Kelolosan itu sendiri diraih setelah Timnas Indonesia membantai Nepal 7-0 di matchday terakhir, yang membawa mereka meraih 6 poin setelah di dua laga sebelumnya mengalahkan Kuwait 2-1 dan dikalahkan Yordania 0-1.

Kelolosan itu pun mengakhiri penantian panjang 15 tahun setelah sebelumnya terakhir kali tampil di Piala Asia pada 2002, ketika menjadi tuan rumah.

Meski demikian, Timnas Indonesia berpotensi menghadapi laga sulit saat tampil di Piala Asia 2023 nanti. Pasalnya, Elkan Baggott dkk berpotensi berada di pot keempat alias terakhir dalam undian, karena menjadi salah satu tim dengan ranking FIFA terendah.

Namun, skuat Garuda  akan mendapatkan tambahan tenaga di ajang penting itu. Pasalnya, tiga pemain keturunan diyakini akan segera merampungkan proses naturalisasi sehingga bisa tampil di Piala Asia 2022.

Ketiga pemain yang dimaksud adalah Shayne Pattynama, Jordi Amat, dan Sandy Walsh. Hal ini pun telah dipastikan anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, melalui akun Instagram pribadinya.

Namun, kedatangan tiga pemain naturalisasi itu dinilai masih belum cukup. Netizen pun kemudian menggaungkan sejumlah nama bintang keturunan, yang diharapkan bisa ikut membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Salah satu nama yang diharapkan oleh netizen adalah Thom Haye, yang saat ini membela klub kasta tertinggi di Liga Belanda alias Eredivisie, yakni Heerenveen.