Liga Indonesia

2 Pemain Persija Ungkap Kemiripan Gaya Thomas Doll dan Shin Tae-yong: Keras!

Jumat, 1 Juli 2022 12:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Indofood
Rezaldi Hehanusa, Firza Andika, dan Syahrian Abimanyu menghadiri acara Meet and Greet di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (30/6/22). Copyright: © Indofood
Rezaldi Hehanusa, Firza Andika, dan Syahrian Abimanyu menghadiri acara Meet and Greet di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (30/6/22).

INDOSPORT.COM - Dua pemain Persija Jakarta, Firza Andika dan Syahrian Abimanyu, mengatakan gaya latihan yang didapat di klub bersama Thomas Doll tidak jauh berbeda dengan Shin Tae-yong di timnas Indonesia. Kedua pelatih dikenal keras dan disiplin. 

Firza mengakui, baik Thomas Doll dan Shin Tae-yong membentuk pemain untuk punya mental dan fisik yang tangguh. Hal tersebut tidak pernah didapatnya di klub sebelumnya. 

Firza Andika pernah merasakan gemblengan Shin Tae-yong saat bergabung timnas Indonesia U-23, sedangkan Thomas Doll ketika hijrah ke Persija Jakarta. 

"Dari saya pribadi keduanya sama ya. Sangat keras latihannya, kami dilatih untuk punya mental dan fisik yang kuat," ujar Firza Andika, Kamis (30/6/22).

"Dari saya latihan fisik dan taktik itu benar-benar beda dari klub sebelumnya. Kami diajarkan supaya punya fisik kuat dan belajar main bawah, tak boleh bola atas," imbuhnya soal latihan di bawah asuhan Thomas Doll. 

Hal tak jauh berbeda dikatakan Syahrian Abimanyu. Gelandang berusia 23 tahun itu menjelaskan, Thomas Doll dan Shin Tae-yong sama-sama meminta pemain untuk terus bergerak selama 90 menit. 

Seluruh pemain tanpa terkecuali dituntut berjuang keras hingga menit akhir, berlari, dan menguasai bola selama mungkin di atas lapangan. 

"Semua pelatih punya caranya masing-masing. Tapi secara garis besar keseluruhan mereka sama, maunya keras dan banyak minta bola dan lari," tutur Syahrian Abimanyu.