Bola Internasional

Reporter Asing Sebut Quang Hai Bisa Buka Jalan Pemain Indonesia ke Liga Prancis

Jumat, 1 Juli 2022 05:55 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
© Getty Images
Nguyen Quang Hai baru meresmikan transfer ke Ligue 2 untuk Pau FC dan kemungkinan besar hal ini akan membuka pintu pada lebih banyak pemain Asia di luar sana. Copyright: © Getty Images
Nguyen Quang Hai baru meresmikan transfer ke Ligue 2 untuk Pau FC dan kemungkinan besar hal ini akan membuka pintu pada lebih banyak pemain Asia di luar sana.

INDOSPORT.COM - Bergabungnya bintang timnas Vietnam, Nguyen Quang Hai, ke Pau FC di Ligue 2 Prancis diyakini bisa jadi angin segar untuk sepak bola Asia termasuk Indonesia.

Jika mampu membuktikan diri di sana, maka gelandang serang 25 tahun itu akan membukakan pintu kesempatan bagi atlet dari Benua Kuning untuk melebarkan sayap di Prancis.

Sepak bola Eropa memang umumnya masih belum terlalu terbuka untuk para pemain dari Asia kecuali yang memiliki kualitas dunia macam Son Heung-min saat ini.

Jikalau klub-klub Benua Biru butuh pemain impor, maka yang mereka buru adalah pemain dari Afrika maupun Amerika Utara dan Selatan.

Masih sangat sulit untuk pemain dari Asia untuk bisa menjadi pemain reguler di Eropa namun harapannya di masa depan batasan tersebut akan segera hilang.

Bergabungnya Quang Hai ke Pau pada bursa transfer musim panas kali ini dinilai oleh jurnalis asal Prancis, Clement Barbier, dapat menjadi transfer yang revolusioner.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Nguyễn Quang Hải (@nguyenquanghai12041997)

Dengan kebolehannya dalam mengolah si kulit bundar, Barbier percaya jika Quang Hai bisa cepat beradaptasi dengan Ligue 2 dan Pau untuk pada akhirnya membuka mata tim-tim di Prancis jika Asia adalah gudangnya bakat top.

"Saya melihat sejumlah pertandingan yang dimainkan Nguyen Quang Hai dan tekhniknya saya sukai. Tendangan bebasnya mirip dengan (Lionel Messi)," beber Barbier seperti yang dikutip dari Soha.

"Kemampuannya untuk menahan bola juga bagus. Sulit sekali untuk mencuri bola dari kakinya. Bahkan pengambilan keputusannya pun oke,"

"Jika Quang Hai mampu menunjukkan level penampilan yang sama di Prancis seperti kala masih di Vietnam, maka publik akan langsung jatuh hati. Sangat jarang ada pemain bagus di Ligue 2," tambahnya.