Bola Internasional

Tak Hanya Fisik, Shin Tae-yong Ajarkan Pemain Timnas Indonesia U-19 Main Bola Pakai Otak

Rabu, 6 Juli 2022 14:09 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong terus mengasah kemampuan pemain selama Piala AFF U-19 2022.

Eks juru taktik Timnas Korea Selatan itu terus mengingatkan Ronaldo Kwateh dkk, untuk bermain cerdik atau banyak menggunakan kecerdasan otak. 

Shin Tae-yong mencontohkan laga lawan Vietnam di pembuka Grup A Piala AFF U-19 2022 yang berakhir imbang tanpa gol. Hal itu disebabkan pemain kurang berkomunikasi dan tidak cepat ambil keputusan. 

Pelatih 52 tahun itu menegaskan, sepak bola modern tak hanya andalkan fisik, tapi kemampuan berpikir yang cepat dari pemain. 

"Fokus saat latihan, bicara dan nikmati saja. Pas laga kemarin (lawan Vietnam) kalian juga pasti merasakan, kenapa finishingnya gak bisa," kata Shin Tae-yong dikutip dari YouTube PSSI. 

"Main bola ada timmingnya, kapan passing, ada waktu kapan dribel. Pemain harus berpikir cepat, itu insting kalian yang bekerja," imbuhnya. 

Pesan Shin Tae-yong pun sedikit mengubah gaya bermain Timnas U-19 di laga kedua kontra Brunei. Buktinya, skuad Garuda Nusantara bisa memang 7-0 dan kerja sama pemain terlihat lebih baik dibanding lawan Vietnam.