In-depth

4 Pelatih yang Paling Sering Mengandalkan Lionel Messi

Jumat, 8 Juli 2022 20:07 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Susana Vera
Ekspresi wajah lesu Lionel Messi usai ditaklukan Real Madrid di leg kedua 16 besar Liga Champions. FOTO: REUTERS/Susana Vera Copyright: © REUTERS/Susana Vera
Ekspresi wajah lesu Lionel Messi usai ditaklukan Real Madrid di leg kedua 16 besar Liga Champions. FOTO: REUTERS/Susana Vera

INDOSPORT.COM - Kehebatan Lionel Messi sebagai seorang pemain kerap menjadikannya sebagai andalan para pelatih untuk membawa tim meraih kemenangan. Siapa saja yang sering bergantung kepadanya?

Lionel Messi dikenal sebagai salah satu pemain terbaik dunia dalam sejarah sepak bola, setelah dirinya banyak memenangkan sejumlah gelar prestisius baik untuk klub, maupun individu maupun negara.

Terbaru, ia sudah berkontribusi membawa Paris Saint-Germain (PSG) merebut tiga gelar domestik musim lalu yakni Liga Prancis, Piala Prancis, dan Piala Super Prancis.

Namun sayang Lionel Messi gagal memberikan gelar bergengsi antar klub Eropa, Liga Champions, yang diidamkan oleh pemilik dan suporter Paris Saint-Germain karena disingkirkan oleh Real Madrid musim lalu.

Kendati demikian, ia juga sudah berkontribusi cukup banyak yakni mencetak 11 gol dan 15 assist dari 34 penampilan di semua kompetisi.

Selain berprestasi di level klub, ia juga telah bersinar bersama negaranya tim nasional Argentina. Sempat terpuruk dalam beberapa tahun karena sulit memberikan gelar internasional, paceklik itu akhirnya putus.

Lionel Messi sukses mempersembahkan gelar Copa America 2021, dan membawa tim meraih kemenangan atas Italia saat laga pemenang Benua America Latin berhadapan dengan jawara Benua Eropa, Euro 2020, dengan skor 3-0.

Untuk prestasi individu, Lionel Messi sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Ia sudah meraih banyak penghargaan di antaranya tujuh Ballon d'Or, dua FIFA The Best, dan 3 Pemain Terbaik Eropa versi UEFA.

Sederet prestasi itu membuat Lionel Messi selalu jadi andalan di tim, siapapun pelatihnya ia selalu dimainkan untuk membawa tim meraih kemenangan.

Lantas siapa saja pelatih yang paling sering memainkan dan bergantung kepadanya? Berikut ulasannya: