Bola Internasional

Makin Lama Jadi Rival Timnas! Park Hang-seo Siap Teken Kontrak Baru dengan Vietnam

Jumat, 8 Juli 2022 18:34 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo melakukan sesi uji lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo melakukan sesi uji lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

INDOSPORT.COM – Melalui perwakilannya, pelatih Park Hang-seo bakal merundingkan kontrak baru dengan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) pada Oktober mendatang.

Sebelumnya, Park Hang-seo ditunjuk untuk menukangi Timnas Vietnam pada (29/09/17). Sang pelatih juga menanganani Timnas Vietnam U-23.

Timnas Vietnam U-23 tersebut bakan mencapai final AFC U-23 Championship 2018 yang mana merupakan final pertama negara tersebt di kompetisi resmi AFC.

Pada Asian Games 2018, pasukannya juga melaku ke semifinal dan finis di posisi keempat untuk pertama kalinya dalam 56 tahun. Oleh karena itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut mendapatkan pujian dari manajemen.

Pada 15 Desember 2018, tim asuhan Park Hang-seo tersebut memeanngi kejuaraan AFF setelah mengalahkan Malaysia dengan agregat 3-2. Kejuaraan tersebut menjadi kejuaraan regional pertama Vietnam dalam sepuluh tahun.

Pada AFC Asian Cup 2019, Vietnam mencapai perempat final, tetapi kalah dengan Jepang dengan skor 1-0.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga memenangkan medali emas SEA Games 2019. Dengan medali tersebut, itu merupakan gelar sepak bola pertama untuk Vietnam.

Bahkan pada SEA Games 2022 yang lalu, Vietnam berhasil mempertahankan medali emas mereka dan memenangkan gelar kedua tersebut secara berturut-turut sebelum Park Hang-seo mengundurkan diri dari tim olimpiade U-19.

Bahkan pada kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022, pelatih yang terkenal dengan wajahnya yang sangar tersebut mengumpulkan 4 poin saat mereka menang 3-1 atas Tiongkok dan seri 1-1 melawan Jepang.

Prestasi tersebut menjadi hasil terbaik negara Vietnam dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA. Oleh sebab itu, tak heran Vietnam menawari Park Hang-seo kontrak baru.