In-depth

3 Rahasia yang Terbongkar di Balik Debut Pratama Arhan Bersama Tokyo Verdy

Sabtu, 9 Juli 2022 13:50 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pratama Arhan akhirnya mendapat kesempatan untuk melakoni laga debutnya bersama Tokyo Verdy di kasta kedua Liga Jepang (J League Two). Sejumlah fakta rahasia pun terbongkar, apa saa?

Pemain muda Indonesia yang sedang merintis karier di luar negeri, Pratama Arhan, akhirnya mendapat kesempatan untuk tampil menjalani laga debut bersama Tokyo Verdy di kasta kedua Liga Jepang.

Tokyo Verdy berhadapan dengan Tochigi SC dalam laga lanjutan Liga 2 Jepang, musim 2022, pada Rabu (06/07/22) lalu.

Bermain di Stadion Kanseki Stadium Tochigi, tim tamu Tokyo Verdy menang dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal dicetak oleh Ryoga Sato di menit ke-76.

Pertandingan tersebut menjadi sorotan, karena bek andalan Timnas Indonesia, Pratama Arhan dipercaya tampil sebagai starter oleh pelatih Hiroshi Jofuku.

Namun tidak banyak menit bermain yang didapat oleh Pratama Arhan, karena hanya bermain selama 45 menit babak pertama.

Selama penampilannya di lapangan, Pratama Arhan mencatatkan 10 umpan dengan enam di antaranya sukses.

Sang pelatih pun memberikan komentarnya melihat debut anak asuhnya tersebut. Menurutnya, Pratama Arhan masih perlu beradaptasi.

“Dia memang seorang pemain bertahan. Jadi saya pikir dia cukup kesulitan menempati peran sebagai winger menyerang,” ujar Jofuku dilansir dari laman resmi Tokyo Verdy. 

“Tetapi setelah itu, saya lihat dia mulai menyesuaikan diri pada 10 menit terakhir babak pertama,” katanya menambahkan.
 
Hiroshi Jofuku berharap Pratama Arhan bisa semakin menyatu dengan tim dan bisa memaksimalkan kemampuannya pada laga berikutnya. 

“Mungkin dia tidak punya start bagus saat ini, tetapi saya pikir hal bagus bisa menyatu dengan tim terutama di lini pertahanan. Saya menantikan laga berikutnya,” tukas dia.

Dengan tambahan tiga poin, saat ini Tokyo Verdy bertengger di posisi ke-9 pada tabel klasemen sementara Liga 2 Jepang dengan koleksi 35 poin dari 25 penampilan.

Sejumlah fakta menarik pun lahir usai Pratama Arhan menjalani laga debutnya bersama Tokyo Verdy di Liga 2 Jepang. Apa saja itu?