Bola Internasional

Taktik Jitu Shin Tae-yong Atasi Kehilangan Marselino di Piala AFF U-19 2022

Sabtu, 9 Juli 2022 11:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak ke gawang Filipina Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Jumat (08/07/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak ke gawang Filipina Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Jumat (08/07/22).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 dipastikan kehilangan Marselino Ferdinan di laga sisa Piala AFF U-19 2022. Gelandang serang itu harus absen lama karena cedera. 

Marselino alami cedera hamstring saat lawan Thailand, tiga hari lalu di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19. Setelah jalani MRI, pemain 17 tahun itu divonis absen satu hingga dua bulan ke depan.

Absennya Marselino memang membuat pusing pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Juru taktik 52 tahun itu sempat mengatakan kesulitan cari pengganti yang sepadan. 

Akan tetapi, kini Shin Tae-yong sudah punya taktik dan strategi jitu atasi absennya Marselino. Pelatih asal Korea Selatan itu fokus mengubah mental pemain lain dan meyakinkan bahwa Timnas U-19 akan tetap 'ganas' tanpa Marselino. 

"Memang Marselino tidak bisa main di turnamen ini karena cedera dan saya berusaha mengubah mental bermain, agar pemain lain bisa mengorbankan diri dan pemain juga sudah tahu itu," kata Shin Tae-yong.

"Di tim, kami sudah menjadi satu kesatuan dan ke depannya semoga prosesnya lebih baik," katanya.

Absennya Marselino memberikan kesempatan bagi pemain lain untuk isi posisi yang ditinggalkan. Saat menang 5-1 atas Filipina, Jumat (08/07/22), terlihat Shin Tae-yong memainkan Zanadin Fariz selama 90 menit. 

Marselino adalah pemain andalan Shin Tae-yong. Dari tiga laga di Grup A Piala AFF U-19 2022, sia selalu jadi starter dan dua kali ganti karena kebutuhan taktik dan memberikan pemain lain cicipi jam terbang. 

Peran Marselino krusial, karena dia punya pengalaman di timnas senior. Bahkan, adik Oktafianus Fernando itu jadi pencetak gol termuda di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Meski cedera, Marselino kini dalam kondisi baik. Bengkak di kakinya sudah kempes, bahkan dia ikut tim datang ke Stadion Patriot, Bekasi untuk menonton laga Timnas U-19 vs Filipina.