Bola Internasional

Timnas Indonesia Gagal Juara Piala AFF U-19, Iwan Bule Ogah Cari Sensasi Ancam Pecat Shin Tae-yong

Senin, 11 Juli 2022 07:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Iwan Bule secara mengejutkan tamengi Shin Tae-yong usia kegagalannya bawa Timnas Indonesia juara di Piala AFF U-19 2022 dan memastikan tidak ada pemecatan. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Iwan Bule secara mengejutkan tamengi Shin Tae-yong usia kegagalannya bawa Timnas Indonesia juara di Piala AFF U-19 2022 dan memastikan tidak ada pemecatan.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, atau yang akrab disapa Iwan Bule, memastikan bahwa posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19 masih tetap aman.

Kegagalan sang juru taktik berkebangsaan Korea Selatan itu memenuhi target juara Piala AFF U-19 2022 diyakininya bukan alasan yang kuat untuk melakukan pemecatan.

Iwan mengaku senang dengan progres yang ditunjukkan Shin bersama Garuda Muda meski langkah mereka harus terhenti hanya di babak grup saja.

Sebelum ini posisi Shin sempat diisukan tidak aman meski masih punya kontrak bersama PSSI hingga Desember 2023.

Iwan sendiri yang pernah menyampaikan pada publik jika dirinya bisa mencopot jabatan sang pelatih kapan saja atau mengurangi wewenangnya karena belum juga bisa memberikan trofi nyata di semua level.

Akan tetapi, Iwan Bule kini bersikap bijak dengan tidak menebar ancaman untuk mendepak Shin Tae-yong dan malah mengapresiasi pekerjaannya.

"Shin masih akan terus (melatih) karena kami melihat perkembangan anak-anak luar biasa," beber Iwan saat ditemui awak media di Stadion Patriot Candrabhaga pada Minggu (10/07/22) malam.

"Di luar dugaan, ketika pemain cadangan dimainkan ternyata kualitasnya hampir sama dengan pemain inti. Berarti Shin betul-betul mempunyai talenta yang luar biasa,"

"Para pemain juga sepertinya punya 'chemistry' (kekompakan) dengan pelatihnya," sambung pria yang juga menjabat sebagai Komjen Polisi Republik Indonesia tersebut.

Jika memang tidak akan membuat PSSI mencopot Shin Tae-yong dari kursi pelatih timnas Indonesia U-19, Iwan Bule sudah berbuat bijak mengingat Piala Dunia U-20 akan segera dimainkan pada tahun depan.

Mengganti pelatih hanya akan merusak pondasi tim yang sudah dibangun dalam beberapa waktu terakhir dan mempertahankan apa yang sudah ada adalah keputusan tepat.